alexametrics

Hampir Setara Flagship, Samsung Galaxy A73 5G Dibekali Kamera 108 MP

22 Mei 2022, 06:36:33 WIB

JawaPos.com – Samsung meluncurkan seri Galaxy A73 5G terbaru di Indonesia pada tengah April lalu. Seri ini merupakan kasta tertinggi dari Galaxy A Series di Indonesia sampai saat ini.

Salah satu nilai jual utama yang dibawa ponsel penerus Galaxy A72 ini adalah kamera utamanya yang beresolusi 108 MP, dan digadang-gadang bisa setara dengan kamera DSLR profesional. Dengan ukuran kamera sedemikian, ini adalah pertama kalinya kamera 108 MP hadir di ponsel Samsung kelas menengah lewat lini Galaxy A.

Biasanya, Samsung menyematkan kamera dengan resolusi sebesar itu hanya di seri flagship. Simak ulasannya.

Desain Familiar

Desain smartphone ini familiar dengan line-up terkini A Series Samsung, juga beberapa seri flagship lainnya. Dari segi tampang, Samsung Galaxy A73 5G terlihat masih mewarisi pendahulunya.

Pada area layar misalnya, smartphone ini masih dibekali layar berdesain infinity-O dengan sebuah lubang (punch hole) sebagai rumah bagi kamera depan 32 MP (f/2.2). Pada bagian belakang, Samsung A73 5G ini juga masih mirip seperti Galaxy A72, ada modul kamera berbentuk persegi panjang.

Modul kamera yang menampung empat kamera belakang disusun secara vertikal dan dilengkapi dengan sebuah lampu LED flash ini masih mirip dengan A Series dan S Series sebelumnya. Pada area tepian, Samsung Galaxy A73 5G hadir dengan bezel sewarna badan ponsel yang punya pilihan warna putih, abu-abu, dan mint. Di sisi kanan, ada tombol power dan volume ‘Up-Down’. Sisi kiri polos, sementara di atas ada slot SIM Card dan MicroSD (hybrid slot).

Di bagian bawah, ada deretan lubang dan port. Dan, kali ini Samsung resmi menghilangkan colokan audio jack 3,5 mm dari Galaxy A73 5G. Karena sudah dihilangkan, pengguna tidak bisa lagi menyambungkan earphone atau headset kabel ke ponsel ini.

Sebagai alternatif, pengguna bisa membeli adapter USB type C ke audio jack 3,5 mm untuk tetap bisa menikmati konten audio menggunakan earphone atau headset kabel. Pilihan lainnya, pengguna dapat beralih menggunakan headset wireless atau speaker Bluetooth.

Sebelumnya, Galaxy A72 masih memiliki lubang audio jack 3,5 mm di bagian bawah bodi ponsel. Kini, bagian bawah Galaxy A73 5G hanya terdapat sebuah lubang speaker serta port USB C.

Soal rupa, feel atau pengalaman dengan Samsung Galaxy A73 5G sejatinya masih sama dengan A Series terkini lainnya. Handset A Series kali ini lebih enak dilihat, juga digenggam. Makin tipis, makin langsing, makin enak digenggam kendati di Galaxy A73 5G kali ini memang layarnya paling besar dengan bentangan 6,7 inci. Overall, pada bagian desain nggak mengecewakan dengan rentang harganya yang tembus Rp 7 jutaan.

Perangkat smartphone Samsung Galaxy A73 5G. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Layar Konsisten

Layar Samsung Galaxy A73 5G punya ukuran seluas 6,7 inci. Layar tersebut menggunakan panel berjenis Super AMOLED dengan resolusi Full HD Plus (2.400 x 1.080 piksel) serta tingkat kecerahan maksimum (brightness) 800 nits.

Performa Super AMOLED secara konsisten mampu memanjakan mata pengguna dengan kualitas gambar atau konten yang tajam dan jernih dalam berbagai situasi penggunaan. Layar Samsung Galaxy A73 5G juga sudah mendukung fitur biometrik yakni pemindai sidik jari di bawah layar (in-display fingerprint scanner). Fitur ini akan semakin memudahkan pengguna ketika membuka kunci layar.

Kemudian Samsung Galaxy A73 5G memiliki refresh rate 120 Hz sehingga ketika menggeser layar, menavigasi menu, berpindah antar-aplikasi terasa mulus dan lancar. Begitu juga saat menonton video atau film.

Layar ponsel penerus Galaxy A72 ini juga sudah dilindungi kaca pelindung Corning Gorilla Glass 5 sehingga lebih tahan terhadap goresan. Namun, karena tidak dilengkapi dengan antigores bawaan, baiknya pengguna tetap membeli aksesori ini untuk tetap melindungi layarnya agar tidak rusak atau kotor.

Meski sudah dilapisi perlindungan Corning Gorilla Glass 5, hal ini bukan jaminan bahwa layar perangkat ini tidak akan bisa tergores atau rusak. Pun demikian dengan aksesori pelindung casing bagian belakang.

Performa Gegas

Soal performa, Galaxy A73 5G boleh dibilang merupakan yang terbaik saat ini di jajaran Galaxy A Series. Hal ini bisa dicapai berkat dukungan chipset Snapdragon 778G dan RAM 8 GB dan padanan penyimpanan internal mencapai 256 GB.

Performanya gegas. Berbagai macam urusan pengguna di smartphone bisa dijalankan dengan sangat baik, lancar, dan bisa diandalkan. Kami juga buktikan dengan melakukan pengujian benchmark menggunakan aplikasi benchmark sintetis.

Dua aplikasi yang kami pakai, AnTuTu Benchmark v9.3.4 dan PC Mark Work 3.0 Performance. Pada pengujian aplikasi benchmark AnTuTu berhasil mencetak skor sebesar 525064. Kemudian, saat dibenchmark menggunakan PC Mark, skornya juga tergolong besar. Angka yang dicatatkan adalah 12301.

Uji benchmark smartphone Samsung Galaxy A73 5G. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Dengan skor pengujian benchmark tersebut, Galaxy A73 5G lumayan di atas rata-rata kalau disandingkan dengan perangkat di kelas yang sama, atau lebih unggul dibandingkan dengan lineup di seri-nya.

Main game berat? Bisa. Main game ringan, apalagi. Sangat mudah. Saat dijajal main game Genshin Impact misalnya, smartphone ini bisa memakai settingan tertinggi 30 atau 60 FPS meski kalau dipaksakan ada beberapa gejala framedrop.

Setidaknya capaian tersebut bisa membuktikan bahwa perangkat ini mampu diajak main game berat. Beda lagu kalau diajak bermain game seperti Apex Legends di Extreme HD atau LoL Wild Rift, Mobile Legends dan Call of Duty: Mobile, sepele, kesemua judul game mobile di atas bisa dimainkan tanpa kendala berarti di Galaxy A73 5G ini.

Uji benchmark smartphone Samsung Galaxy A73 5G. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Sebagai pelengkap performa, Galaxy A73 5G juga sudah dibekali dengan baterai berukuran 5.000 mAh yang tergolong besar. Di rentang harganya yang mendekati flagship, smartphone ini juga sudah dilengkapi fitur lumayan beragam seperti NFC, fingerprint scanner under display dan ketahanan air dan debu.

Fitur safety juga lengkap. Untuk melindungi perangkat dan menjaga privasi, fitur kunci hadir lengkap di Galaxy A73 5G ini mulai dari pola, pin, sidik jari under display dan face unlock bisa dipakai pengguna untuk mengamankan ponsel mereka, tinggal pilih saja.

Kamera Kelas Atas

Salah satu yang diunggulkan seri ini adalah kameranya yang setara flagship kelas atas. Soal spesifikasi, kamera utama Samsung A73 5G ini naik kelas karena sudah dibekali lensa beresolusi 108 MP. Sebelumnya, Galaxy A72 hanya dibekali kamera utama 64 MP saja.

Yang membuat kamera ini istimewa adalah karena ini pertama kalinya Samsung menyematkan kamera utama 108 MP pada seri Galaxy A. Sebelumnya kamera resolusi tinggi itu ekslusif tersedia pada ponsel flagship Samsung, seperti Galaxy S22 Ultra 5G, misalnya.

Tak hanya resolusinya yang tinggi, kamera utama 108 pada Galaxy A73 5G juga membawa sejumlah fitur unggulan, seperti Optical Image Stabilization (OIS) dan Video Digital Image Stabilization (VDIS). Dua fitur tersebut memungkinkan pengguna dapat mengambil foto dan video dengan tajam dan stabil dengan kamera utama 108 MP pada Galaxy A73 5G.

Kamera smartphone Samsung Galaxy A73 5G. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Untuk perekaman video, kamera utama ponsel ini mendukung hingga resolusi UHD 4K (3.840 x 2.160 piksel) di 30 fps. Sementara dalam menghasilkan gambar, Samsung menerapkan teknik “nona-binning” pada kamera 108 MP pada Galaxy A73 5G.

Teknik “nona-binning” bekerja dengan cara menggabungkan sembilan piksel menjadi satu piksel menggunakan AI. Teknologi ini menjanjikan gambar yang lebih detail dan cerah.

Kamera utama 108 MP itu ditemani dengan tiga kamera lainnya, yaitu kamera ultrawide 12 MP (f/2.2), kamera depth sensor 5 MP (f/2.4), dan kamera makro 5 MP (f/2.4). Sementara di sisi depan, Samsung menyertakan kamera 32 MP (f/2.2) untuk keperluan swafoto dan video call.

Hasilnya, good. Berbagai skenario pemotretan menggunakan Galaxy A73 5G tak mengecewakan walau pada kamera ultra-wide, kami merasa ada beberapa sudut gambar yang agak kabur, kurang fokus.

Kesimpulan

Smartphone yang hampir sejajar dengan seri flagship ini cukup menawarkan pengalaman yang baik. Layar besar, performa gegas, dan stabil di antara seri Galaxy A Series 2022 cukup membuat perangkat ini pantas dipertimbangkan untuk masuk daftar smartphone baru yang cocok dicoba.

Desain yang tipis dan ringan juga bisa menjadi alasan utama HP ini dipilih oleh konsumen kelas menengah atas di Indonesia. Ditambah labelnya sebagai produk dari Samsung yang cukup mendominasi kelas ini. Dalam seminggu pemakaian, Galaxy A73 5G sangat andal untuk mendukung aktivitas kami. Hanya saja, melihat segudang fitur dan speknya, harga Galaxy A73 5G ini memang nggak murah, hampir setara flagship.

Hasil kamera smartphone Samsung Galaxy A73 5G dalam berbagai skenario pemotretan:

Foto-foto: Rian Alfianto/JawaPos.com

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads