alexametrics

Adu Teknis Realme 5i Vs Redmi Note 8, Siapa Lebih Unggul?

19 Januari 2020, 11:02:50 WIB

JawaPos.com – Beberapa hari lalu, Realme meluncurkan Realme 5i, varian paling murah di antara keluarga Realme 5 Series lainnya yang sudah hadir lebih dulu. Perangkat dijual dengan harga yang terbilang sangat terjangkau. Hal tersebut merujuk kepada spesifikasi jeroan Realme 5i yang ditopang oleh System on Chip (SoC) Qualcomm Snapdragon 665.

Menariknya, perangkat dengan jeroan yang sama dari kompetitor Realme 5i adalah Redmi Note 8 (reguler). Redmi Note 8 juga menjadi device yang terang-terangan diadu spesifikasinya oleh Realme Indonesia kala peluncuran Realme 5i pada Rabu (15/1) lalu.

Handset tersebut hadir lebih dulu dari Realme 5i dengan tawaran harga yang sedikit lebih mahal dari Realme 5i. Oleh karenanya, JawaPos.com ingin mengadu teknis keduanya. Realme 5i vs Redmi Note 8, tawaram chipset yang sama dengan rentang harga berbeda.

Performa dan Dapur Pacu

Pertama, mengawali langkah yang paling penting pada adu teknis kali ini yakni sektor jeroan. Kami akan mulai dari urusan jeroan atau dapur pacu lengkap dengan performanya. Sebagai permulaan, kami memulai lebih dahulu dari Realme 5i sebagai perangkat yang paling anyar baru kemudian Redmi Note 8.

Dari sektor dapur pacu, Realme 5i membawa bekal prosesor bikinan Qualcomm, yakni Snapdragon Snapdragon 665 AIE atau Artificial Intelligence Engine. Sebagai informasi, perangkat dengan jargon Quad Camera Battery King ini hadir dengan Snapdragon 665 yang diproduksi dalam fabrikasi 11 nm dan arsitektur delapan inti Kryo.

Masih untuk urusan performa, chipset Qualcomm Snapdragon 665 AIE membawa detail performa Octa-core (4×2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver). Mendukung keandalan perangkat, Realme 5i dilengkapi pula GPU Adreno 610 untuk menjamin kinerja grafis yang lancar.

Mendukung keandalan performa, handset ini hadir dengan pilihan RAM/ROM 3/32 GB, 4/64 GB, dan 4/128 GB. Tenang, jika memori internalnya kurang, kamu bisa menambahkan penyimpanannya menggunakan MicroSD hingga 256 GB. Urusan kantong, perangkat ini ditawarkan dengan harga masing-masing varian, yakni Rp 1,7 jutaan, Rp 1,9 jutaan, dan Rp 2,2 jutaan untuk varian RAM/ROM 3/32 GB, 4/64 GB, dan 4/128 GB.

Beralih ke produk selanjutnya, yakni Redmi Note 8. Handset yang resmi melenggang di Indonesia pada 18 Oktober lalu ini datang dalam tiga varian penyimpanan RAM/ROM juga. Redmi Note 8 ditawarkan dengan harga mulai Rp 1,9 jutaan untuk varian RAM/ROM 3/32 GB. Kemudian banderol Rp 2,1 jutaan untuk model 4/64 GB, dan Rp 2,7 jutaan untuk model paling tinggi dengan RAM/ROM 6/128 GB.

Dari sektor performa dan dapur pacunya, di atas kertas, Realme 5i dengan Redmi Note 8 tampak imbang. Keduanya ditawarkan dengan jeroan yang sama dengan kemampuan yang sama, yakni Snapdragon 665 AIE dengan proses fabrikasi 11 nm dan arsitektur delapan inti Kryo.

Smartphone Xiaomi Redmi Note 8 Pro. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Layar dan Desain

Aspek kedua, yang juga kami bandingkan antara Realme 5i dengan Redmi Note 8 adalah layar dan desain. Dari segi layar, keduanya terdapat kesamaan. Keduanya sama-sama mengusung layar bertakik atau notch berbentuk serupa huruf V dengan gaya tetesan air di ujung tengah bagian atas layarnya sebagai rumah dari kamera selfie-nya.

Dimulai dari Realme 5i, perangkat yang bersangkutan hadir dengan layar water drop notch 6,5 inci yang menyajikan rasio screen-to-body sebesar 89 persen yang menghasilkan tampilan lebar. Layar Realme 5 memiliki aspek rasio 20:9 dengan resolusi HD Plus dengan 1.600 x 720 piksel.

Masih di bagian layar, material layar Realme 5i masih sama dengan Realme Series sebelumnya, yakni IPS LCD capacitive touchscreen 16 M colors. Secara garis besar, layarnya terbilang tajam dan terang dengan kemampuan menangkal sinar matahari yang baik dan cukup cerah.

Beralih ke Redmi Note 8, handset tersebut kurang lebih sama dengan Realme 5i untuk sektor layar, yakni melenggang dengan layar IPS LCD 16 M colors. Bedanya terletak pada ukurannya yakni hanya 6,3 inci saja sementara Realme 5i memiliki ukuran yang sedikit lebih luas sebesar 6,5 inci. Dari sektor layar, keduanya juga sama-sama bisa tampil baik.

Bergeser ke bagian belakang, kedua perangkat yang kami bandingkan juga sama-sama hadir dengan desain kekinian yang kinclong. Namun untuk urusan desain, Realme 5i tampak lebih segar jika kini dibandingkan dengan Redmi Note 8.

Realme 5i di bagian belakang hadir dengan sentuhan warna baru yang unik. Finishing-nya tetap berkilauan tetapi tidak mengkilap seperti kaca. Hal ini kami suka, perangkat jadi terkesan taft alias gagah, rigid di genggaman tangan, dan tentunya tidak mudah tergores.

Sementara untuk Redmi Note 8, kendati sama kinclongnya, sayang bagian desain di belakang perangkat masih berkilauan. Cenderung pasaran. Untuk kasus ini memang agak subjektif, suka-sukaan. Tinggal pilih mana desain yang kamu suka.

Dari sektor desain, utamanya layar, menurut kami, Realme 5i lebih unggul ketimbang Redmi Note 8. Hal itu terlihat dari ukurannya. Redmi Note 8 hanya membawa layar berukuran 6,3 inci sementara Realme 5i hadir dengan bentang 6,5 inci. Buat yang suka layar lega, Realme 5i tentu lebih menarik.

Kamera

Faktor selanjutnya yang tidak kalah penting dalam pertimbangan konsumen mana kala membeli smartphone baru saat ini adalah urusan fotografi atau kamera. Meski hadir menyasar segmen dan target market yang sama yakni segmen ekonomis, Realme 5i hadir dengan ukuran kamera yang lebih kecil ketimbang Redmi Note 8 yakni pada sektor kamera utama.

Realme 5i seperti juga sudah kami ulas sebelumnya, handset tersebut hadir dengan empat kamera di bagian belakang. Angka-angka kamera Realme 5 sendiri yang disebut sebagai AI quad camera masing-masing berukuran 12 MP PDAF f/1.8, 8 MP wide angle f/2.25, lensa makro 2 MP f/2.4, dan lensa depth sensor 2 MP. Berada di bagian depan, Realme 5i disematkan kamera depan 8 MP dengan aperture f/2.0.

Beralih ke Redmi Note 8, handset tersebut unggul ketimbang Realme 5i kalau bicara angka ‘MP’. Rincian kamera Redmi Note 8 untuk kamera belakangnya masing-masing mempunyai sensor 48 MP f/1.8 wide, 8 MP f/2.2 16 mm (ultrawide), 2 MP f/2.4 macro, dan 2 MP f/2.4 sensor kedalaman. Jika Realme 5i hanya hadir dengan kamera selfie 8 MP, Redmi Note 8 hadir dengan kamera selfie 13 MP f/2.0.

Dari aspek kamera, kedua perangkat memang membawa keunggulan dan kekurangan masing-masing. Redmi Note 8 misalnya, unggul dari segi ukuran. Namun begitu Realme 5i juga tak boleh dianggap remeh. Perangkat tersebut kini hadir sebagai smartphone dengan fitur quad camera termurah di pasaran.

Jawabannya siapa yang lebih unggul? Tergantung, kamu mau menang angka MP dengan sedikit lebih mahal, atau jumlah kamera sama yang dapat ditebus dengan budget yang minim? Sesuaikan sendiri.

Perbandingan spesifikasi Redmi Note 8 vs Realme 5i. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Baterai, Security, dan Harga

Perbandingan terakhir yang ingin JawaPos.com ulik adalah dari segi baterai, fitur keamanan (security), dan apalagi kalau bukan urusan kantong. Kalau Realme 5i kalah di sektor kamera ketimbang Redmi Note 8, di sisi baterai tidak demikian.

Realme 5i hadir dengan batera besar berukuran 5.000 mAh, sementara Redmi Note 8 hanya 4.000 mAh saja. Dengan baterai segitu, user tentu leluasa menggunakan perangkat untuk beragam kebutuhan tanpa takut kehabisan daya sepanjang hari. Tren baterai besar sendiri dimulai awal 2019 dengan kehadiran Samsung Galaxy M Series dan Asus Zenfone Max Pro M2.

Menyuplai daya baterai yang besar, handset Realme 5i dibekali sistem pengisian daya 10 W. Dalam paket pembelian juga tersedia 5V2A adapter charger.

Sementara untuk keamanannya, Realme 5i hadir dengan fitur yang terbilang komplet. Sebut saja fitur face unlock dan fitur keamanan biometrik seperti fingerprint scanner hadir pada perangkat ini. Sistem keamanan tersebut merupakan pelengkap dari yang sudah ada seperti nomor sandi dan pola.

Fitur face unlock-nya cepat dibandingkan dengan metode unlock lainnya. Begitu pun fingerprint-nya yang multifungsi ini dapat membuka Realme 5i dengan sangat cepat. Fitur keamanan fingerprint di Realme 5i juga memiliki medan sentuh yang terbilang luas dan sensitif di keseluruhan areanya.

Dari segi harga, perangkat terbilang hadir dengan banderol yang sangat kompetitif melihat segmen yang ditujunya dan lawan-lawannya di pasaran. Realme 5i di pasaran ditawarkan dengan tiga pilihan harga sesuai dengan kapasitas penyimpanan RAM/ROM, yakni Rp 1,7 jutaan, Rp 1,9 jutaan, dan Rp 2,2 jutaan untuk varian RAM/ROM 3/32 GB, 4/64 GB, dan 4/128 GB.

Terakhir untuk Redmi Note 8. Urusan daya baterai, seperti sudah disinggung di atas, perangkat ini hadir dengan baterai yang tak sebesar Realme 5i. Ukurannya hanya 4.000 mAh saja.

Sama seperti Realme 5i, aspek selanjutnya yang mana adalah aspek keamanan. Redmi Note 8 juga hadir dengan sistem keamanan yang sama dengan Realme 5i. Sistem keamanan dimaksud adalah pilihan keamanan standard seperti PIN dan pola. Sementara untuk fitur keamanan biometrik, perangkat ditambahkan dengan fitur face ID dan fingerprint yang terletak di bagian layar atau under display fingerprint scanner.

Sementara untuk urusan kantong, Redmi Note 8 di Indonesia seperti sudah diulas di atas, handset ini hanya melenggang dengan harga mulai Rp 1,9 jutaan untuk varian RAM/ROM 3/32 GB. Kemudian banderol Rp 2,1 jutaan untuk model 4/64 GB dan Rp 2,7 jutaan untuk model paling tinggi dengan RAM/ROM 6/128 GB.

Atas adu teknis kedua perangkat Realme 5i dan Redmi Note 8 tersebut, apakah sudah ada gambaran perangkat mana yang akan kamu pilih jika berencana meminang dua pilihan smartphone tersebut? Semua memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Sesuaikan saja dengan kebutuhan dan keuangan kamu.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto


Close Ads