alexametrics
Review Produk

Realme C2, Smartphone Murah Sejutaan Cukup Bisa Diandalkan

6 Mei 2019, 18:36:15 WIB

JawaPos.com – Realme berencana meluncurkan smartphone terbarunya pada Rabu (8/5) lusa. Pabrikan smartphone yang masih bersaudara dengan Oppo, Vivo, dan OnePlus di bawah naungan holding perusahaan teknologi BBK Electronics itu bakal memboyong dua model smartphone murahnya ke Indonesia. Keduanya adalah Realme C2 dan Realme 3 Pro.

Untuk Realme C2, jauh-jauh hari sebelum rencana peluncurannya di Indonesia, JawaPos.com berkesempatan melihat, menggenggam, bahkan melakukan review atau pengujian produk lebih lanjut pada perangkat tersebut. Realme C2 di Indonesia membawa slogan The New Entry Level King. Melihat slogan tersebut, agaknya tampak jelas siapa musuh Realme di Indonesia. Sementara bicara The New Entry Level King Realme C2, begini performa dan ulasan lengkapnya.

Kelengkapan

Menjadi semacam kebiasaan bagi JawaPos.com untuk artikel review produk smartphone, kami akan memulai langkah pertama ulasan dari aspek kelengkapan. Ini penting. Sebab, aspek kelengkapan produk, menurut kami, yang tak jarang bertindak pula sebagai konsumen, urusan kelengkapan produk penting karena bisa menjadi urusan serius untuk kesan pembeli. Jika kelengkapan produk tersedia dan ditata dengan baik tentu akan menjadi nilai lebih bagi produsen dalam hal ini vendor smartphone.

Realme C2
Smartphone Realme C2. Smartphone Realme C2. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Realme C2 dari segi kelengkapan penjualan hadir dengan paket yang terbilang lengkap. Konsumen boleh dibilang siap pakai ketika membeli perangkat tersebut. Realme C2 di dalam kotaknya terdapat satu buah 5V 2A adapter charger, micro USB cable, kitab-kitab panduan termasuk kartu garansi, SIM card tool ejector, screen protect film yang langsung terpasang di perangkat Realme C2, serta satu buah jelly case untuk melindungi casing belakangnya yang diberi finishing unik menyerupai pola potongan berlian.

Realme C2 di dalam paket penjualannya selain yang disebutkan di atas tidak ada lagi. Earphone absen dari kotak penjualan Realme C2. Namun, hal itu tidak menjadi masalah serius. Pasalnya, selain smartphone, Realme juga menjual aksesori lainnya seperti earphone secara resmi.

Harganya pun tak mahal. Jadi untuk earphone, konsumen bisa membelinya sendiri. Yang kami suka dari perangkat penjualan Realme C2 ataupun produk Realme terdahulu lainnya yang juga pernah kami ulas adalah sudah terpasangnya screen protector atau antigores. Ini nilai lebih bagi Realme. Sebab, konsumen yang membelinya secara online bisa langsung memakai produknya tanpa khawatir layarnya tergores. Lebih praktis juga ketimbang mesti membeli lagi screen protector di mal dan harus keluar rumah lagi.

Desain dan Layar

Usai membuka dus penjualan, unit Realme C2 berwarna diamond black langsung kami dapatkan. Varian lainnya ada warna yang dinamai sebagai diamond blue. Oh iya, hampir lupa. Untuk perangkat yang kami coba adalah varian RAM/ROM 3/32 GB. Ada juga varian lainnya yang lebih kecil dengan RAM/ROM 2/16 GB.

Kesan pertama melihat smartphone ini kami suka. Desainnya cantik untuk harga yang dbawanya namun tidak pasaran dengan motif ala potongan berlian yang nyata terlihat di bagian belakang. Tak perlu takut kotor atau rusak, Realme C2 dilengkapi jelly case yang ada di dalam boks penjualan. Peranti ini bisa langsung dipakai membungkus smartphone tanpa mengurangi kesan cantik dan fungsionalitasnya.

Desain belakang seperti sudah disinggung di atas, meski tak berkilauan seperti smartphone yang banyak beredar saat ini hingga ke level smartphone murah meriah, Realme C2 tetap memiliki kecantikannya sendiri. Material pada bagian belakang adalah plastik polycarbonate yang dipoles sedemikian rupa.

Realme mengklaim bahwa di sektor desain, handset C2 menggunakan potongan laser dan pada setiap potongan berliannya memberikan efek berbeda saat dilihat dari sudut tertentu. Penutup belakang smartphone ini juga diklaim telah melalui pengecatan tiga lapis dan diberikan partikel mutiara berkilau yang memberikan perubahan efek dari alam, seperti langit, malam berbintang atau air yang mengalir.

Realme C2
Smartphone Realme C2. Smartphone Realme C2. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Masih dari aspek desain, berlanjut ke bagian belakang perangkat. Realme C2 mengaplikasikan finishing yang unik. Pada bagian belakang tampak logo disusun vertikal sementara dua buah kamera utama berikut LED Flash Light-nya dipasang secara horisontal. Padanan yang elegan, juga menambah kesan ramping, mudah dikenali, dan menarik bagi kaum muda yang menjadi target pasar Realme di Indonesia.

Jika diperhatikan dengan saksama, detail pengerjaan begitu kentara dengan adanya sebuah ring berwarna yellow iris. Ini menjadi ciri khas Realme yang ditampilkan dalam kamera Realme C2 juga diaplikasikan pada handset Realme lainnya seperti Realme 3. Hal tersebut seolah ingin menunjukan bahwa area kamera secara visual terlihat lebih baru dan berkarakter, serta menunjukkan bahwa kualitas gambar telah menjadi tujuan utama Realme yang konsisten.

Realme C2 pada sisi kirinya terdapat slot SIM-Card dan MicroSD yang bisa ditampung semua dalam satu laci. Laci tempat menyimpan SIM-Card dan MicroSD-nya dirancang untuk menelan dua kartu SIM dan MicroSD dalam satu tempat atau istilah dedicated slot. Masih di sisi kiri, terdapat tombol volume ‘up and down’. Di bagian kanan, ada tombol power yang fungsinya bisa juga dipakai untuk Google Assistant.

Berada di bagian bawah ada barisan elemen penting lainnya, seperti micro USB, microphone, jack headphone, dan tak lupa lubang speaker sebagai pengeras suara. Sementara pada bagian atas polos dengan bagian sisi kanan, kiri, atas, dan bawah Realme C2 dibuat senada dengan warna keseluruhan bodi.

Sampai kepada bagian depan, yakni layarnya. Realme C2 boleh dikatakan hadir dengan bezel tipis, baik di kiri-kanan maupun atas-bawah. Tentu saja lengkap dengan notch agar menambah kesan kekinian. Kesan kekiniannya tak berhenti di situ. Layar dengan notch bergaya tetesan air atau dewdrop notch menambah keren perangkat yang dijual murah ini.

Realme C2 hadir dengan layar water drop berukuran 6,1 inci bermaterial IPS LCD dengan kemampuan layar beresolusi HD Plus (720 x 1.560 piksel). Realme C2 menawarkan rasio screen-to-body sebesar 89,35 persen yang menghasilkan tampilan lebar dan tampilan yang nyaman di mata. Tampilan ini tentu dapat memberikan pengguna pengalaman visual terbaik saat melihat gambar dan menonton video. Layar dari Realme C2 juga telah diberikan perlindungan Corning Gorilla Glass 3.

Pengalaman selama menggunakan smartphone ini di bawah terpaan sinar matahari langsung, layarnya bisa tampil dengan baik. Namun agar lebih maksimal tentu harus mengatur tingkat kecerahan alias brightness ke mode penuh atau maksimal. Interaksi di dalam layar juga terbilang baik. Responsif ditambah dengan pengalaman sentuh yang halus.

Realme C2
Smartphone Realme C2. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Selain itu, layar Realme C2 juga sudah dilengkapi dengan material APCF untuk meningkatkan kecerahan layar walaupun di bawah sinar matahari. Layar juga dilapisi dengan anti-reflective coating yang mampu meningkatkan kecerahan layar hingga 35 persen dan sudut pandang layar juga menjadi lebih luas.

Pada bagian depannya tidak ada tombol fisik. Fungsi tombol Home, dan Back tersedia menyatu dalam layar sebagai tombol virtual bersama sistem operasi Android Pie dengan user interface (UI) ColorOS 6 yang khas.

Perfroma

Usai dari aspek kelengkapan produk, desain, dan layar, sampailah pada aspek penting lainnya, yakni performa. Realme C2 membawa bekal prosesor bikinan MediaTek Helio P22 atau nama teknisnya MTK6762R. Mediatek Helio P22 di balik kap mesin Realme C2 mengadopsi proses fabrikasi FinFET 12 nm terbaru. Pengulas gadget di seluruh dunia banyak yang mengatakan bahwa performa dari MediaTek Helio P22 setara dengan bikinan kompetitor mereka, yakni Snapdragon 636 besutan Qualcomm.

Prosesor dengan fabrikasi segitu juga diklaim lebih hemat daya 15 persen dibandingkan dengan prosesor 14 nm generasi sebelumnya. MediaTek Helio P22 mengadopsi struktur Octa-core 2,0 GHz Cortex-A53 yang di sektor grafisnya dibekali pula dengan pengolah grafis atau GPU PowerVR GE8320. Seperti sudah kami singgung di atas, perangkat ini hadir dengan pilihan RAM/ROM 3/32 GB dan 2/16 GB. Tenang, jika memori internalnya kurang, kamu bisa menambahkan penyimpanannya menggunakan MicroSD hingga 256 GB.

Untuk performa selain menggunakannya sehari-hari, seperti biasa kami menyimulasikan dalam uji benchmark. Meski tidak merepresentasikan penggunaan sehari-hari, uji benchmark lewat aplikasi populer nyatanya juga menjadi tolok ukur konsumen dalam memutuskan pembelian sebuah perangkat smartphone.

Realme C2
Hasil uji benchmark Realme C2. Smartphone Realme C2. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Untuk hasil simulasi menggunakan aplikasi populer AnTuTu Benchmark dan AnTuTu 3D Bench, perangkat Realme C2 mampu menghasilkan perolehan skor keseluruhan dengan angka 77030. Angka ini lebih besar jika dibandingkan dengan perolehan skor AnTuTu dari produk kompetitor sebut saja Samsung Galaxy M10 yang hanya mampu bersandar di angka 60 ribuan saja. Keduanya merupakan smartphone dengan kelas yang sama yakni entry-level. Sementara untuk hasil pengujian menggunakan PC Mark (Work 2.0 Performance), Realme C2 berhasil membukukan skor 5166.

Meski terlihat kecil, dengan perolehan skor segitu, Realme C2 terbukti tetap bisa diandalkan untuk digunakan konsumennya di segmen menengah ke bawah. Realme C2 berdasarkan pengalaman kami sudah bisa cukup diandalkan untuk beragam kebutuhan dan multitasking banyak aplikasi sekaligus, seperti bersosial media maupun mengolah gambar. Dengan begitu, Realme C2 terbilang bisa diandalkan sebagai perangkat harian.

Gaming

Setelah performa, aspek pengujian selanjutnya adalah kebutuhan gaming. Gaming saat ini juga penting bagi konsumen. Bagi mereka yang gemar bermain game, smartphone dengan kemampuan tersebut kini banyak diminati. Berbekal spesifikasi yang kami beberkan di atas, smartphone cukup capable untuk diajak bermain game. Sekali pun dengan ukuran dan kebutuhan grafis yang agak berat.

Handset Realme C2 untuk kebutuhan gaming kami jajal dengan beberapa game sekaligus. Multigenre. Ada game FPS, MOBA, dan game beraliran Racing tentunya. Untuk game FPS, kami menjajal Realme 3 dengan game PUBG Mobile. Lewat game ini, perangkat sanggup menjalankan tugasnya cukup baik walaupun di beberapa kondisi gejala lag tidak bisa dipungkiri.

Menilik spesifikasinya yang sudah kami beberkan di atas, setting grafisnya jelas tidak bisa kami buat rata kanan. Cukup di medium saja. Perangkat ini sudah bisa menampilkan grafis yang lumayan menghibur untuk sebuah smartphone Rp 1 jutaan. Game lainnya seperti aksi ngebut di jalan raya dengan Asphalt 9 atau Need For Speed No Limits, juga tidak mengecewakan dengan kendala lag yang sedikit. Pun dengan game MOBA semisal Arena of Valor (AoV).

Perangkat ini mampu menjalankan kewajibannya dengan baik. Ketika diajak main game pun Realme C2 tidak terasa panas pada sektor bodinya. Untuk aspek gaming, sering kami katakan pada tiap ulasan yang kami buat bahwa kesenangan bermain game pada perangkat smartphone tidak boleh melulu merujuk pada spesifikasi.

Pasalnya, game yang saat ini kebanyakan membutuhkan koneksi internet. Karena itu kondisi jaringan internet turut andil dalam kenikmatan bermain game. Kesan patah-patah pun tidak boleh sering menyalahkan jeroan perangkat. Bahkan bermain game di perangkat sekelas smartphone gaming pun bisa saja patah-patah atau lag ketika koneksi internetnya lambat.

Daya Tahan Baterai dan Keamanan

Sampai kepada urusan lain yakni daya. Kehadiran Realme C2, selain desain, kamera dan performa, keunggulan lainnya adalah sektor baterai yang cukup besar, yakni 4.000 mAh. Dengan daya baterai segitu, ponsel ini sanggup bertahan hingga sehari lebih pada penggunaan normal. Dalam hal ini, menjalankan aktivitas di sosial media dan bermain game dengan intensitas yang tidak terlalu tinggi.

Namun jika digunakan full untuk bekerja, menjalankan banyak aplikasi chatting, sosial media, push email tethering hotspot, bermain game, menonton video, mendengar musik, dan berfoto ria, Realme C2 sanggup bertahan seharian penuh. Dari pagi hingga malam dayanya tidak habis.

Realme C2 dari sektor baterai juga membawa teknologi manajemen daya berbasis kecerdasan buatan atau artificial Intelligence (AI) bernama AI Power Manager untuk melakukan penghematan daya. Pemakaian daya yang minim tidak akan memengaruhi kinerja aplikasi. Sistem secara cerdas mengoptimalkan konsumsi daya aplikasi dan mengontrol jumlah inti prosesor yang harus digunakan untuk menghindari pemborosan daya.

Seperti performa, di sektor daya kami juga menyimulasikannya dengan aplikasi benchmark baterai. Yang kami gunakan adalah PC Mark Work 2.0 Battery Life. Berdasarkan benchmark tersebut, diperoleh angka ketahanan batterai dalam penggunaan nonstop selama 13 jam 50 menit. Angka segitu merupakan penggunaan nonstop ketika perangkat dipaksa bekerja tanpa istirahat atau mati nyala seperti pada penggunaan normal.

AI Power Managernya sendiri memiliki beberapa fitur seperti APP-freezing Power Saver. Fitur memungkinkan perangkat secara cerdas membatasi aplikasi yang berjalan di latar belakang untuk mengurangi konsumsi daya secara keseluruhan dan memperpanjang masa pakai baterai. Rata-rata fitur ini memungkinkan aplikasi untuk menghemat daya sebesar lima hingga 11 persen dan dapat disesuaikan secara manual.

Sementara untuk keamanannya, Realme C2 hadir dengan fitur yang lumayan bisa diandalkan. Sebut saja fitur keamanan standar semisal kode sandi, pola, dan keamanan biometrik berbasis face unlock yang menggendong kamera depannya. Fitur keamanan tadi tak hanya bisa digunakan mengunci layar smartphone. Fitur keamanan itu juga bisa digunakan untuk mengunci aplikasi dan menjadi brankas pribadi untuk melindungi files yang ada di dalamya. Ini termasuk pula yang kami suka. Dengan fitur keamanan demikian, smartphone ini bisa dikontrol penggunaannya jika user memiliki anak kecil yang aktif dengan smartphone. Penggunaan juga bisa dibatasi dengan mengunci aplikasi.

Realme C2
Smartphone Realme C2. Smartphone Realme C2. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Kamera

Sampai kepada sektor kamera. Saat ini kamera juga menjadi nilai penting konsumen untuk menjatuhkan pilihan membeli sebuah smartphone. Untuk menangkap momen apik bersama orang-orang terkasih, Realme C2 juga sudah menyematkan alat bidik yang tengah menjadi tren saat ini. Tren tersebut adalah kamera utama ganda dengan ukuran 13 MP + 2 MP.

Kamera utama 13 MP + 2 MP-nya hadir dengan ukuran piksel tunggal kamera utama sebesar 1,12 mikron dengan aperture f/2.2 dan lensa 5P yang terbilang besar. Berada di bagian depan, Realme menyematkan kamera selfie 5 MP dalam kombinasi lensa dengan aperture diperbesar menjadi f/2.0.

Dari aspek kamera, Realme C2 juga hadir dengan scenes recognition dan telah dilengkapi dengan mode Chroma Boost. Chrome Boost ini merupakan fitur teknologi AI untuk mengidentifikasi dan mengoptimalkan scene, meningkatkan dynamic range keseluruhan foto, menajamkan detail yang lebih kaya dalam highlight dan shadows, serta memberikan eksposur yang lebih seimbang.

UI kamera Realme C2 juga ringan dan mudah digunakan. Ketika kamera dibuka, tampilan layar langsung menunjukan mode video, foto, potret, dan beautify effect di sisi bawah ketika smartphone digunakan memotret dalam orieantasi vertikal. Belum rampung, ada tap yang digambarkan dengan tiga garis yang ketika dibuka akan berisi mode lainnya. Mode tersebut adalah panorama, pro, slow motion, dan time lapse. Mode slow motion pada kamera Reame C2 juga menjadi keunggulan di segmennya dengan kemampuan 80 fps/480 p.

Pada bagian atasnya ada pengaturan LED flash light, chroma boost, filter warna, dan pengaturan lanjutan. Hal yang sama juga berlaku untuk pengaturan kamera depannya. Mode dan fiturnya mirip-mirip kamera utama dengan penempatan yang serupa.

Namun untuk kamera selfie, mode beautify-nya lebih expert dengan tambahan filter untuk meniruskan wajah, menghilangkan lipatan dagu, memperbesar pupil mata, membuat hidung lebih tirus, dan memuluskan kulit. Ini membantu bagi kamu yang ingin tampil semakin sempurna dengan smartphone murah.

Pengalaman menggunakan kamera smartphone Realme C2 cukup menyenangkan. Hasil gambar yang dihasilkan dari kameranya terbilang pas untuk harga yang dibawanya. Kebutuhan menjepret gambar pada kondisi cahaya cukup dan gelap juga terbilang bisa di-handle dengan baik.

Lainnya yang membantu kamera Realme C2 lebih unggul adalah chroma boost-nya. Chrome boost Realme C2 yang menggunakan teknologi AI dapat membuat pemandangan dalam foto dapat dikenali dan dioptimalkan sesuai dengan rentang dinamis yang lebih besar. Detail yang lebih diperkaya di bagian yang disorot dan bayangan, serta eksposur yang lebih seimbang.

Selain itu, warna-warna tertentu dapat dioptimalkan berdasarkan adegan agar terlihat lebih cerah dan lebih menarik serta mengurangi gejala noise pada pemotretan low-light. Over-all, kami suka dengan hasil kamera Realme 3. Lihat saja hasil jepretan kami dalam berbagai skenario di akhir artikel ini.

Kesimpulan

Sampai pada kesimpulan. Pengalaman menggunakan smartphone Realme C2 kami bilang cukup menyenangkan. Kamu yang mengincar smartphone fungsional dengan harga bersahabat tampaknya bisa menjatuhkan pilihak ke smartphone ini. Gaming, kamera, desain, dan jeroannya cukup bisa dibanggakan dengan banderol harga yang terpampang untuk perangkat ini.

Smartphone Realme C2 untuk kebutuhan daily driven sangat cukup untuk meng-cover kebutuhan pengguna yang beragam di kelas menengah ke bawah. Ditambah desain yang unik berkilauan, Realme C2 juga bisa diajak bergaya. Akhir kata, segala kebutuhan pengguna pada smartphone ini hampir tanpa kendala. Mau apa? gaming, sosial media, instan messanging, bergaya sambil menonton video? Semua bisa dilakukan Realme C2 dengan sangat baik.

Harganya pun seperti disinggung di atas tidak terlalu menguras kantong. Namun untuk kepastian harganya di pasar Indonesia, Realme C2 belum dapat dipastikan. Sebagai gambaran, di India, perangkat ini dilepas dengan harga Rp 1,2 jutaan untuk varian RAM/ROM 2/16 GB dan Rp 1,6 jutaan untuk varian 3/32 GB RAM/ROM. Kemungkinan di Indonesia, harganya tidak akan jauh dari harganya di pasar global. Kita nantikan saja. Tetap nantikan artikel review lainnya dalam waktu dekat di kanal Teknologi JawaPos.com.

Berikut hasil jepretan kamera Realme C2:

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads