Samsung Galaxy A23, Model A Series Ramah Kantong, Kualitas Bisa Diadu

3 Juli 2022, 06:55:05 WIB

JawaPos.com – Samsung memboyong banyak model smartphone A Series ke pasar Tanah Air akhir Maret lalu. Selain varian menengah ke atas seperti A73, ada juga seri terjangkau lain seperti A33 dan A23.

Untuk Galaxy A23, hampir tiga bulan kehadirannya di pasar ponsel dalam negeri, handset dengan spesifikasi yang menurut kami menarik (mengingat harganya) ini sudah JawaPos.com jajal. Apakah Samsung Galaxy A23 masih layak dimiliki? Mari kita simak ulasannya.

Desain

Pada perangkat terbarunya ini, Samsung mengklaim telah menghadirkan sejumlah peningkatan, mulai dari desain sampai spesifikasi yang ada di Samsung Galaxy A23. Dari segi desain, kalau dibandingkan dengan seri-seri A terdahulu, pada line-up terjangkau dari A23 kali ini upgradenya cukup terasa.

Menyasar konsumen dengan budget ngepas, Galaxy A23 di sisi desain lumayan. Nggak jelek, sungguh. Desainnya mirip dengan A Series di atasnya yang saat ini secara umum mengadopsi tampilan flagship seperti S Series dan perangkat sejenisnya.

Hal tersebut bisa dilihat pada sektor kamera atau modulnya yang berbentuk square atau persegi. Dengan total ada empat kamera utama, Galaxy A23 secara desain tampak mewah meski merupakan perangkat murah. Dari pilihan warna yang tersedia, warna-warnan? Galaxy A23 juga nggak norak. Tenang. Warnanya kalem dengan pilihan warna peach, black dan blue.

Perangkat smartphone Samsung Galaxy A23. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Pengalaman genggam Galaxy A23 juga masih sama seperti A Series lainnya yang baru-baru ini kami jajal, dengan dimensi 165,4 x 76,9 x 8,44 mm dan bobot 195 gram, smartphone ini masih jinak di tangan. Nggak berat, nggak bikin begah telapak tangan, masih enak dipakai.

Area SIM Card dan MicroSD ada di sisi kiri. Di tepi kanan ada tombol power dan volume’Up-Down’. Di atas polos, dan di bawah ada jajaran lubang seperti grille speaker, port pengisian daya Type-C dan untungnya masih terdapat jack earphone.

Beda dengan A Series lainnya, masih hadirnya jack earphone di Galaxy A23 memberi kemudahan konsumen kelas bawah yang mungkin masih awam dengan perangkat earphone wireless atau masih menganggap gadget tersebut mahal. Desain menyeluruh di Galaxy A23 tak banyak koreksi.

Layar

Soal desain mirip A Series yang berada di atasnya, di sektor layar lain lagi. Sayangnya, Samsung Galaxy A23 di segi visual nggak seperti kakak-kakaknya yang hadir dengan panel layar AMOLED.

Soal tampilannya, Galaxy A23 dilengkapi dengan panel LCD 6,6 inci. Layarnya menawarkan resolusi FUll HD Plus 2.408 x 1.080 piksel. Kendati layarnya masih panel LCD, Samsung menyertakan dukungan refresh rate layar hingga 60 Hz dan pelingdung layar Corning Gorilla Glass 5.

Hal ini cukup membantu, meski impresinya kurang, setidaknya resolusinya tetap tajam dan refresh rate-nya yang tinggi menjanjikan feel yang lebih smooth. Interaksinya juga halus, layarnya lumayan responsif, namun supaya aman dari goresan, kami sarankan yang membeli smartphone ini untuk langsung membeli aksesori antigores layar.

Pasalnya, dalam paket penjualan Galaxy A23, seperti paket penjualan smartphone Samsung lainnya, tak ada aksesori lain yang menyertai smartphone ini. Minim aksesori.

Performa

Memang, layarnya nggak kebagian yang performanya unggul dibandingkan dengan seri A lain di atasnya, di sektor performa lain. Galaxy A23 di sisi jeroan tetap pede manggung dengan spek yang nggak bikin malu.

Di balik kap mesinnya, Samsung memilih untuk membenamkan salah chipset terbaru dari Qualcomm yakni Snapdragon 680. Ditambah, Samsung Galaxy A23 juga dilengkapi konfigurasi penyimpanan RAM 6/128GB, serta fitur RAM Plus yang dapat memperluas kapasitas memori.

Secara angka, Galaxy A23 harusnya bisa unggul buat banyak keperluan harian para pengguna. Saat dibenchmark dengan aplikasi benchmark sintetis AnTuTu Benchmark, Galaxy A23 membukukan skor sebesar 275013.

Perlohan angka tersebut cukup besar dibandingkan kompetitor di market yang ada saat ini. Sementara saat dibenchmark menggunakan aplikasi PC Mark Work 3.0 Performance, Samsung Galaxy A23 bisa meraih skor sebesar 7347 yang juga cukup besar.

Uji benchmark smartphone Samsung Galaxy A23. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Buat main game? Masih aman. Asal nggak dipaksa untuk mengolah grafis tinggi, Samsung Galaxy A23 masih bisa tampil tenang. Nggak jelek, juga nggak tinggi-tinggi amat, pokoknya masih layak.

Fitur lain yang dibawa oleh Galaxy A23 yaitu sensor fingerprint yang terintegrasi dengan tombol power (side-mounted), NFC, colokan audio 3,5 mm, slot microSD, serta USB Type-C. Kemudian, Galaxy A23 juga sudah menjalankan sistem operasi Android 12 dan dilapisi antarmuka OneUI 4.1.

Di sisi daya, Samsung Galaxy A23 juga ditopang oleh baterai berkapasitas 5.000 mAh disertai dukungan Super Fast Charging 25 watt. Baterainya awet, saat diuji menggunakan PC Mark Work 3.0 Battery Life, Samsung Galaxy A23 juga memperoleh skor penggunaan nonstop selama 19 jam 40 menit, hmm, lama juga ya.

Sementara saat dipakai harian, baterai 5.000 mAh di Galaxy A23 bisa bertahan selama hampir dua hari penggunaan. Kuat, dicasnya juga lumayan cepat dan fitur keamanannya juga lengkap.

Kamera

Adapun konfigurasi kamera belakangnya terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.8, PDAF), kamera ultrawide 5 MP (f/2.2), kamera depth sensor 2 MP (f/2.4), dan kamera makro 2 MP (f/2.4). Kamera Galaxy A23 juga dibekali fitur penstabil gambar optis (OIS) untuk meredam guncangan yang terjadi ketika merekam video.

Untuk menunjang aktivitas swafoto dan panggilan video, smartphone ini menyediakan kamera beresolusi 8 MP (f/2.2). User Interface (UI) kameranya juga mudah dipakai.

Kamera smartphone Samsung Galaxy A23. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Saat digunakan, seperti halnya smartphone Samsung pada umumnya di kelas terjangkau, hasilnya bisa bagus. Dengan catatan, kamera digunakan dalam kondisi cahaya cukup.

Sisanya, memang harus pintar-pintar atur angle dan sudut jatuhnya cahaya. Kamera selfienya juga demikian, baik, nggak lebay, hasilnya natural dengan efek kamera yang berlebihan bisa diminimalisir.

Kesimpulan

Hadir sebagai smartphone terjangkau di seri A, Samsung Galaxy A23 berdasarkan pengujian kami selama beberapa waktu, handphone ini masih layak untuk dibeli. Buat yang cost-nya nggak sampai untuk meminang flagship atau A Series di atasnya, Galaxy A23 boleh juga dipertimbangkan.

Desainnya mirip flagship. Performanya juga masih bisa dijagokan. Baterainya kuat dan tahan lama, Galaxy A23 bisa diandalkan untuk perangkat harian.

Berikut hasil kamera smartphone Samsung Galaxy A23 dalam berbagai skenario pemotretan:


Foto-foto: Rian Alfianto/JawaPos.com

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini: