alexametrics

Hino Bekali Ilmu Keselamatan Bagi 100 Sopir Truk dan Bus di Jogjakarta

31 Agustus 2018, 11:05:38 WIB

JawaPos.com – Mengemudikan kendaraan besar butuh keterampilan dan keahlian khusus. Modal ini wajib dimiliki para sopir karena bertanggung jawab terhadap keselamatan jiwa penumpang dan muatan dalam jumlah besar.

Hal inilah yang melandasi PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) kembali menggelar Hino Safety Driving Competition di kota ke 17 yaitu Yogyakarta. Acara berdurasi dua hari ini berlangsung di Jogja Expo Center (JEC), Kamis (30/8/2018)

Bila Hino Safety Driving Competition di 16 kota sebelumnya, terbatas untuk pengemudi truk, maka kali ini Hino juga melibatkan sopir bus. Kebijakan ini bertujuan memberikan pengetahuan yang lebih bagi mereka agar lebih memahami safety driving.

Hino Bekali Ilmu Keselamatan Bagi 100 Sopir Truk dan Bus di Jogjakarta
Peserta dibekali sejumlah materi dan teori terkait berkendara berkeselamatan sesuai dengan peraturan lalu lintas. (Wilfridus Zenobius Kolo /JawaPos.com)

Dalam acara ini, sejumlah hal menyangkut keselamatan berkendara diajarkan pada para pengemudi. Pembekalan dimulai dari pengecekan rutin, persiapan sebelum mengemudikan bus atau truk, peraturan lalu lintas hingga perilaku ecodriving, yang menjadi standar operasi kendaraan

Beberapa aspek ini dianggap sangat penting untuk memastikan para sopir mengemudikan armadanya dalam kondisi prima, aman dan efisien dalam setiap operasinya. Tak hanya itu, mereka juga dibimbing untuk menguasai teknik mengemudi berkeselamatan untuk meminimalisir risiko kecelakaan di jalan raya.

“Dengan adanya pelatihan Hino Safety Driving bagi para pengemudi bus dan truk ini diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaan dalam berkendara di jalan, dan dapat menurunkan angka kecelakaan oleh bus atau truk di jalan”, ungkap Santiko Wardoyo,Direktur Penjualan dan Promosi HMSI.

Kegiatan kompetisi dan edukasi ini dikemas dalam konsep yang menyenangkan. Mereka dibekali sejumlah materi dan teori terkait berkendara berkeselamatan sesuai dengan peraturan lalu lintas, hingga melakukan kegiatan praktek di lapangan.

Kurang lebih 100 pengemudi truk dan bus berpartisipasi dalam tes tertulis di hari pertama. Di hari ke dua, 20 pengemudi terbaik kategori bus dan truk yang lolos, akan melanjutkan inspection test dan skill test berupa zigzag forward dan backward serta reverse parking di Jogja Expo Center (JEC).

Melalui pembekalan ini, Hino berharap setiap pengemudi bus maupun truk dapat menguasai teknik mengemudi yang benar, taat lalu lintas  dan selalu memprioritaskan keselamatan.

 “Teknik mengoperasikan bus yang baik dan benar akan membuat berkendara jadi lebih aman dan nyaman bagi penumpang. Selain itu bagi pengusaha bus sendiri, usia pakai kendaraan jadi lebih panjang dan masa pakai suku cadang juga bisa dimaksimalkan,” ujar Santiko.

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : (wzk/JPC)


Close Ads
Hino Bekali Ilmu Keselamatan Bagi 100 Sopir Truk dan Bus di Jogjakarta