alexametrics

Jangan Salah Kaprah, Mitsubishi Pajero dan Pajero Sport Berbeda

31 Juli 2020, 16:06:16 WIB

JawaPos.com – Belum lama ini Mitsubishi mengumumkan berhenti beroperasinya pabrik Pajero di Sakahogi, Jepang. Ini disusul dengan rencana pabrikan dengan logo tiga berlian itu menyuntik mati Pajero yang terkenal karena reli Dakar mulai 2021 mendatang sesuai dengan hasil rapat dewan direksi Mitsubishi Motors Corporation (MMC) pada 27 Juli 2020 lalu.

Keputusan ini kemudian membuat para pencinta Mitsubishi terkejut, begitupun dengan para konsumen di Indonesia yang mana nama Pajero terutama Pajero Sport cukup populer. Namun tak banyak yang tahu kalau antara Pajero dengan Pajero Sport merupakan dua hal yang sama sekali berbeda.

Seperti sudah disinggung di atas, nama Mitsubishi Pajero dan Pajero Sport tentu bukan hal yang asing bagi masyarakat Indonesia, keduanya popular sebagai model SUV tangguh, yang memiliki daya tahan dan performa tinggi hingga penampilan yang sangat memikat. Namun tidak banyak orang yang tahu bahwa dua model ini merupakan produk yang berbeda baik secara spesifikasi, segmentasi dan sejarahnya.

Ilustrasi: Mitsubishi Pajero Sport yang berbeda dengan Mitsubishi Pajero asli. (Istimewa).

Model Mitsubishi Pajero Sport memang mewarisi DNA dari Mitsubishi Pajero sebuah SUV mahakarya Mitsubishi Motors. Mitsubishi Pajero dikembangkan untuk menghadirkan nilai premium “all-around SUV dengan standar global” yang menggabungkan tampilan tangguh, kemampuan SUV di segala medan, teknologi canggih, fitur hiburan dan balutan gaya mewah perkotaan.

Kinerja off-road dan ketahanan Mitsubishi Pajero sendiri telah terbukti melalui ajang motorsport dan sekitar 40 tahun sejarah produksi. Di motorsport, Mitsubishi Pajero mendapatkan sorotan dunia dengan pencapaian 12 gelar, yang merupakan terbanyak hingga saat ini di ajang reli Dakar.

Naoya Nakamura, Presiden Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia menjelaskan, meski berbagi DNA tangguh dengan daya tahan dan performa yang tinggi, Mitsubisihi Pajero dan Mitsubishi Pajero Sport adalah dua model atau produk dengan spesifikasi dan segmen yang berbeda. “Hampir seluruh varian Mitsubishi Pajero Sport yang dipasarkan di Indonesia diproduksi di fasilitas perakitan MMKI setelah sebelumnya diimpor dari Thailand,” ungkapnya melalui keterangan tertulisnya kepada JawaPos.com.

Dia melanjutkan, sejak diluncurkan dari tahun 2009 hingga saat ini, penerimaan masyarakat terhadap Mitsubishi Pajero Sport di Indonesia sangat baik dengan populasi mencapai 160.000 unit dengan rata-rata pangsa pasar lebih dari 40 persen. Tidak hanya itu, selama kurang lebih 11 tahun hadir di Indonesia Mitsubishi Pajero Sport juga dikatakan telah menerima total 40 penghargaan dari
media dan institusi terkemuka.

Untuk Mitsubishi Pajero, mobil tersebut hadir pertama pada tahun 1980-an silam. Sementara untuk Mitsubishi Pajero Sport baru hadir sekira tahun 1996 dengan model pertama Pajero hadir dengan model metal top, canvas top baik tiga atau lima pintu. Untuk Pajero Sport, mobil tersebut sejak generasi pertama sudah hadir sebagai mobil lima pintu untuk lima atau tujuh penumpang.

Aspek ini berlanjut terus sampai generasi keempat atau generasi saat ini. Mitsubishi Pajero di pasar global yang dikenal juga sebagai Montero dan Shogun, terus hadir dengan model tiga dan lima pintu dengan konsisten sebagai SUV 4×4. Sementara untuk Pajero Sport yang juga hadir di Indonesia dan banyak peminatnya terus hadir sebagai mobil lima pintu sebagai kendaraan penumpang dengan pilihan 2×4 dan 4×4.

Untuk pilihan mesin, Pajero hadir pertama dengan mesin bensin 2.000 cc sementara model pertama Pajero Sport dengan mesin bensin 2.500 cc diesel turbo. Varian mesin kemudian beragam sampai generasi saat ini tergantung pada pasar tujuan kedua mobil tersebut.

Perlu digarisbawahi, Mitsubishi Pajero yang baru diumumkan disuntik mati dengan penutupan pabriknya di Jepang diproduksi hanya di Jepang yang merupakan hasil dari anak usaha MMC yakni Pajero Manufacturing Co.,
Ltd. Sementara untuk Pajero Sport yang banyak mengaspal di Indonesia merupakan produksi lokal dan juga dibuat di beberapa negara seperti Thailand, Rusia dan Bangladesh.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads