alexametrics

Hyundai Ioniq 5 Resmi Meluncur Segini Harganya

31 Maret 2022, 18:32:42 WIB

JawaPos.com –  Seperti diberitakan sebelumnya Hyundai Ioniq 5 buatan Indonesia meluncur hari ini di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022. Ioniq 5 yang masuk dalam segmen crossover merupakan mobil listrik murni atau battery electric vehicles (BEV) pertama buatan Indonesia.

Mobil yang diproduksi di pabrik Hyundai di Cikarang, Jawa Barat ini dibangun di atas platform Electric Global Modular Platform (E-GMP). Platform ini nantinya akan digunakan Hyundai Motor Group untuk 23 model kendaraan listrik baru pada tahun 2025, dan akan memasok lebih dari 1 juta unit kendaraan listrik.

SungJong Ha, President Director of PT Hyundai Motors Indonesia, mengungkapkan kalau melalui Ioniq 5, Hyundai membuktikan komitmennya untuk membangun mobilitas masa depan. Sehingga Indonesia bisa menjadi salah satu pemain penting di dunia.

“Ioniq 5 memiliki semua kelebihan yang selama ini diinginkan masyarakat Indonesia, seperti desain yang tak lekang oleh waktu, teknologi mutakhir, hingga kenyamanan yang maksimal. Produk ini akan menjadi mobil listrik yang paling tepat dan dapat menjadi kebanggaan Indonesia,” kata SungJong di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (31/3/2022).

Sebagai informasi platform E-GMP memaksimalkan ruang interior melalui wheelbase yang panjang, overhang depan dan belakang yang pendek, serta modul kokpit yang ramping.

Hyundai Ioniq 5 menggunakan pack baterai yang tertanam di bawah lantai kabin, ini memberikan legroom yang lebih luas untuk penumpang sekaligus memungkinkan berbagai macam pengaturan untuk kursi depan dan belakang.

Mobil listrik buatan Indonesia ini memiliki 3 (tiga) mode berkendara atau Drive Mode yang memungkinkan penggunanya untuk menyesuaikan karakteristik berkendaranya sesuai dengan kebutuhan sehari-hari. Yaitu mode ONIQ 5 memiliki 3 (tiga) mode berkendara yang memungkinkan penggunanya untuk menyesuaikan karakteristik berkendaranya sesuai dengan kebutuhan sehari-hari, yaitu mode Normal, Sport, dan Eco.

Sayangnya pihak Hyundai belum merilis harga Hyundai Ioniq 5, namun menurut Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Makmur Ioniq 5 berada di atas Kona EV dan Ioniq EV. Ada dua trim yang ditawarkan, yakni Prime : Standard Range dan Long Range dan Signature: Standard Range dan Long Range.

Dari segi performa, tipe Prime Standard dan Signature Standard mampu membuat IONIQ 5 melaju dari 0 – 100 km/jam dalam kurun waktu 8,5 detik, sedangkan tipe Prime Long Range dan Signature Long Range mampu membuat mobil berakselerasi dari 0 – 100 km/jam hanya dalam kurun waktu 7,4 detik.

Bicara jarak tempuh, Ioniq 5 tipe Prime Standard dan Signature Standard mampu dapat dikendarai sejauh 384 km apabila baterai mobil terisi penuh. Sedangkan Ioniq 5 tipe Long Range memiliki kemampuan jarak tempuh lebih jauh sejauh 481 km dan tipe Signature Long Range dapat menempuh jarak sejauh 451 km (berdasarkan WLTP).

Sementara untuk pilihan warna, Ioniq 5 memberikan lima pilihan warna eksterior, yaitu Optic White, Magnetic Silver Metallic,Titan Gray Metallic, Midnight Black Pearl, dan Gravity Gold Matte. Sedangkan untuk warna interior, tersedia dalam Black 1-tone.

Editor : Dony Lesmana Eko Putra

Saksikan video menarik berikut ini: