alexametrics

Royal Enfield Ternyata Punya Motor Bebek, Ini Tampangnya

31 Januari 2019, 18:15:46 WIB

JawaPos.com – Royal Enfield dikenal sebagai merek asal Inggris yang memproduksi tunggangan retro klasik. Namun demikian dalam perjalanannya ia tak hanya memproduksi motor laki karena ternyata pada era-1980an. Pernah memproduksi sebuah motor bebek bernama Royal Enfield Silver Plus pada tahun 1984.

Sepeda motor mungil ini, dikembangkan dengan partnernya Zundapp. Merupakan motor bebek satu-satunya dari Royal Enfield. Dari beberapa gambar yang diperoleh Indianautoblog, Rabu (29/1) motor ini memiliki bentuk minimalis, namun desainnya sudah cukup moderen pada masanya.

Silver Plus menggunakan panel bodi kokoh paduan besi dan plastik yang berbentuk the tracker sehingga menyerupai motor turing. Mengikuti cita rasa desain zamaannya ia masih menggunakan lampu depan berbentuk kotak dengan panel instrumen yang sederhana.

Sebagai motor santai bermesin kecil, ia dilengkapi dengan setang yang lebih tinggi dan terbuka. Pelananya, tidak seperti sepeda motor standar, karena unit mengambil gaya split dengan bagian pengendara lebih tinggi daripada pembonceng.

Meskipun lahir diera 80-an, Silver Plus mendapatkan aksen krom di beberapa titik seperti bagian samping tangki bahan bakar, penutup tangki, cover lampu depan, hingga bagian fender depan.

Bagian suspensinya menggunakan model teleskopik konvensional untuk bagian depan dan shockbreaker pegas sisi kembar untuk kenyamanan saat melintasi medan bergelombang. Motor ini menggendong mesin berkapasitas 49cc satu silinder, 2-tak berpendingin udara.

Kabarnya motor ini telah lama tidak dijumpai termasuk di Inggris sendiri dan Royal Enfield baru mendapatkannya dari tangan seorang kolektor bernama Vishal Agarwal di Bangalore, India.

 

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : Wilfridus Zenobius Kolo



Close Ads
Royal Enfield Ternyata Punya Motor Bebek, Ini Tampangnya