alexametrics

Seberapa Besar Manfaat Lampu Hazard untuk Sepeda Motor

30 Juli 2020, 23:05:52 WIB

JawaPos.com – Seperti diketahui kalau saat ini motor keluaran terbaru selalu disertakan dengan lampu hazard sebagai nilai jual dipasaran, ini dapat menarik konsumen untuk membeli unitnya. Namun apa fungsi lampu hazard untuk motor? Pertanyaannya, apakah sepenting dengan lampu hazard untuk kendaraan roda empat?.

Pada dasarnya penggunaan lampu hazard adalah tanda bahwa kendaraan roda empat sedang dalam situasi darurat, seperti mogok di tengah jalan. Dimana mengharuskan pengendara tersebut untuk minggir ke jalan untuk melakukan pengecekan pada mesin yang bermasalah.

Bisa juga kendaraan tersebut mengalami pecah ban yang mengharuskan untuk di ganti di tempat kejadian atau dijalan. Dalam hal ini wajib bagi si pengendara menayalakan lampu hazard serta segitiga pengaman sebagaimana juga di tuliskan dalam undang-undang No 22 Tahun 2009 tentang LLAJ, Pasal 121 ayat 1. Yang  berbunyi Setiap pengemudi kendaraan bermotor wajib memasang segitiga pengaman, lampu isyarat peringatan bahaya, atau isyarat lain pada saat berhenti atau parkir dalam keadaan darurat di jalan.

Sementara untuk kendaraan roda dua (motor) masih belum jelas untuk apa kegunaan lampu hazard ini untuk di jalan. Karena biasanya kalau motor mogok kebanyakan orang akan memilih untuk menepikan sepeda motornya ke pinggir jalan. Bahkan menaikannya ke trotoar agar tidak mengganggu pengendara lainnya.

Dengan kata lain penggunaan lampu hazard ini masih belum terlalu penting untuk sepeda motor karena perbedaan kepentingan serta darurat antara mobil dan motor.

Lampu hazard di sepeda motor juga banyak di salah gunakan oleh pengendaranya, menggunakan lampu hazard ini sebagai tanda bahwa rombongan atau komunitas yang sedang dijalan raya harus mendapat jalannya dengan mulus. Ini tentu bertolak belakang dengan kegunaan lampu hazard yang sesungguhnya bukan?.

Namun kembali lagi ke Anda apakah menurut Anda lampu hazard ini cukup penting dipasangkan di motor atau tidak dan bagaimanapun tetap safety riding dijalan raya. Jangan lupa untuk selalu menaati aturan lalu lintas.

Editor : Eko Putra



Close Ads