alexametrics

New Normal, Jaguar Land Rover Kembangkan Layar Sentuh Contacless

29 Juli 2020, 20:53:47 WIB

JawaPos.com – Jaguar Land Rover sedang menguji coba teknologi layar sentuh tanpa kontak atau contactless yang inovatif. Hal tersebut dipersiapkan pabrikan mobil mewah Inggris itu demi menyambut adaptasi kebiasaan baru atau new normal.

Teknologi tersebut dikembangkan dengan bantuan University of Cambridge. Selain untuk memastikan bahwa tangan-tangan pengemudi atau penumpang tidak menyentuh secara langsung beberapa fitur penting di mobil dan sistem entertainment agar tidak tertular virus atau bakteri tertentu, hal itu juga untuk menjaga mata pengemudi tetap fokus di jalan.

Sistem yang dikenal sebagai ‘sentuhan prediktif’ ini juga menggunakan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) dan sensor untuk memprediksi target pengguna yang diinginkan pada layar sentuh tanpa mereka perlu menekan atau menyentuhnya secara langsung.

Jaguar Land Rover mengatakan bahwa uji laboratorium dan uji coba di jalan telah menunjukkan bahwa teknologi sentuhan prediktif dapat mengurangi upaya dan waktu interaksi layar sentuh pengemudi hingga 50 persen sementara juga membatasi penyebaran bakteri dan virus, sesuatu yang dikatakan konsumen akan menjadi prioritas di dunia pasca Covid-19.

Teknologi ini mencakup pelacak gerakan yang menggunakan sensor berbasis visi atau berbasis frekuensi radio untuk menggabungkan informasi kontekstual seperti profil pengguna, desain antarmuka atau user interface (UI), dan kondisi lingkungan dengan data yang tersedia untuk sensor lain, termasuk pelacak mata, untuk menyimpulkan maksud pengguna secara real-time.

“Saat negara-negara di seluruh dunia keluar dari penguncian, kami melihat berapa banyak transaksi konsumen sehari-hari dilakukan menggunakan layar sentuh seperti tiket kereta api atau bioskop, ATM, check-in bandara dan checkout swalayan-swalayan, serta banyak aplikasi industri dan manufaktur,” ujar Human Spesialis teknis Antarmuka Mesin di Jaguar Land Rover, Lee Skrypchuk sebagaimana dilansir dari Carscoops, Rabu (29/7).

Dirinya melanjutkan teknologi sentuh prediktif menghilangkan kebutuhan untuk menyentuh layar interaktif dan karenanya, dapat mengurangi risiko penyebaran bakteri atau virus pada permukaan. Adapun model Jaguar Land Rover yang akan hadir nantinya sudah termasuk hal-hal untuk meningkatkan kesejahteraan pribadi, termasuk Driver Condition Monitor, pembatalan kebisingan mesin dan ionisasi udara kabin dengan filtrasi PM2.5 untuk menangkap partikel ultra-halus dan alergen. (*)

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads