Honda Ungkap Konsep Motor Anyar CB-F, Seperti Ini Wujudnya

29 Maret 2020, 23:07:58 WIB

JawaPos.com – Di jajaran motor Honda, Seri CB adalah salah satu seri yang paling luas. Dilahirkan lebih dari enam dekade lalu, line-up ini mencakup semuanya, mulai dari motor street road hingga sepeda motor balap.

Honda dengan seri CB nya tampaknya masih akan berumur panjang. Hal tersebut dibuktikan dengan Honda yang baru saja mengungkapkan konsep baru terkait sepeda motor anyarnya di seri CB.

Dua acara sepeda motor utama direncanakan di Jepang dalam beberapa bulan mendatang, di Osaka dan Tokyo, tetapi karena mereka dibatalkan karena pandemi coronavirus, Honda dan yang lainnya mencari cara alternatif untuk mengungkapkan produk terbaru mereka.

Honda berencana untuk menunjukkan tidak kurang dari 29 sepeda motor di acara-acara tersebut, dan memutuskan untuk secara perlahan mengungkapnya secara online. Pada Jumat (27/3) kemarin, Honda mengungkapkan konsep CB-F anyar yang didapuk sebagai seri CB masa depan.

Dikembangkan sebagai pratinjau CB masa depan, konsep ini juga menjadi penghormatan bagi generasi masa lalu, termasuk CB900F, salah satu yang tertua dari keluarga.

Dibangun dengan sasis yang ringan dan struktur mono-backbone baja berkekuatan tinggi, ia hadir dengan suspensi garpu depan terbalik dan Pro-Arm satu sisi aluminium di bagian belakang. Keduanya harus membuat motor tersebut ideal untuk digunakan di jalan perkotaan dan jalan berliku.

Menggerakkan roda, ada mesin DOHC 4-silinder segaris 998 cc berpendingin air, terhubung ke transmisi enam kecepatan. Spesifikasi untuk itu tidak dirilis, tetapi menurut sumber di Jepang mengatakan bahwa motor tersebut akan memiliki tenaga yang ideal dengan tampangnya.

“Konsep CB-F adalah hasil dari meninjau kembali sejarah seri CB, yang mencapai dekade keenamnya tahun lalu, dan secara menyeluruh mengeksplorasi apa yang harus dilestarikan, dan apa yang harus berkembang dengan sepeda olahraga andalan perusahaan,” kata pembuat sepeda itu dalam sebuah pernyataan.

Konsep CB-F, seperti juga bisa dilihat pada gambar di atas merupakan perpaduan ambisius dari teknologi terdepan dengan model masa lalu. Desainnya tampak memberi penghormatan kepada model terdahulu seperti CB900F dan CB750F di Jepang dan beberapa model seri balap yang hadir di Amerika.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads