alexametrics

Mobil Tidak Bisa Distarter dan Berbunyi ‘Tek Tek’, Apa Penyebabnya?

29 Januari 2022, 19:30:44 WIB

JawaPos.com – Pernah mengalami mobil tidak bisa distarter dan hanya muncul bunyi tek tek? Padahal Anda baru saja mau berangkat kerja, tapi mobil tidak kunjung menyala. Rasa kesal sudah pasti, tapi apa penyebab kondisi mobil demikian?

Dilansir dari laman resmi Suzuki, Sabtu (29/1), mobil tidak mungkin mati begitu saja jika tidak ada salah satu komponennya yang bermasalah. Khusus untuk kasus mobil keluar suara ‘tek tek tek’ padahal dalam kondisi mati, ada beberapa sebab yang harus diwaspadai.

Beberapa mobil yang sulit untuk distarter kecenderungannya akan muncul suara tek tek saja. Munculnya suara ini menjadi pertanda bahwa ada kerusakan pada salah satu sistem mesin atau kelistrikannya.

Setidaknya ada lima penyebab mobil tidak bisa distarter dan berbunyi tek tek yang perlu Anda ketahui.

Pertama, mungkin setrum dalam aki kurang. Seharusnya aki mengeluarkan setrum untuk menyalakan motor starter. Namun apabila aki tekor, maka mobil tidak bisa dinyalakan.

Buka hanya itu, tetapi juga akan muncul bunyi tek tek saja. Hal tersebut menandakan bahwa arus listrik yang dibutuhkan besar namun jumlah yang didapatkan justru lebih kecil.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads