Beli Mobil Hybrid Bekas Bisa Aman atau Sebaliknya

28 Juni 2022, 22:46:44 WIB

JawaPos.com – Kalau beberapa tahun lalu mobil hybrid masih sangatlah jarang dibeli orang dan mobil bekasnya pun hampir tidak tersedia di pasaran. Namun seiring waktu berjalan mobil hybrid kini semakin bermunculan termasuk mobil bekasnya.

Belakangan banyak para Agen Pemegang Merek mengeluarkan mobil baru dengan mesin hybrid, bahkan bekasnya juga sudah bisa dijumpai di diler mobil bekas. Bila Anda berencana membeli mobil bekas hybrid bagaimana dengan kualitasnya?

Sebelum menentukan mobil hybrid bekas ada baiknya melihat kembali manfaat penggunaan mobil hybrid dalam menunjang aktifitas Anda sehari-hari. Memang mobil hybrid dikenal irit konsumsi bahan bakarnya. Karena pada mobil hybrid dibekali dua jenis mesin yang berbeda yakni mesin konvensional dan mesin listrik.

Mesin listrik ini dipasang dengan bantuan sebuah baterai yang secara otomatis diisi daya oleh mobil hybrid tersebut, terkecuali jenis plug-in hybrid yang bisa di isi daya dari luar melalui colokan khusus.

Mesin listrik berguna untuk menggerakkan mobil pada kecepatan rendah misalnya di jalan perkotaan, dengan tujuan untuk meminimalisasikan penggunakan BBM dan pada akhirnya mengurangi polusi.

Nah, sebelum membeli mobil Hybrid bekas ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar mobil hybrid pilihan anda tidak mengecewakan nantinya.

Hal pertama dan yang sangat penting untuk mengetahui mobil hybrid masih bagus atau tidak adalah dengan mengecek sistem hybrid-nya. Mobil hybrid biasanya dilengkapi dengan layar digital yang terintegrasi pada area dashboard.

Biasanya semua informasi yang berhubungan dengan sistem hybridnya bisa ditampilkan disini, misalnya saja kondisi baterai, kondisi mesin listriknya, apakah keduanya masih bekerja dengan baik, atau apakah terlihat ada pesan error yang ditampilkan pada layar informasi.

Kedua cek baterai, banyak orang khawatir mengharuskan mengganti baterai apabila sudah rusak, sedangkan biaya membeli baterai baru biasanya masih sangat mahal. Harga baterai apalagi di Indonesia yang masih impor harganya masih relatif tinggi, namun perlu diketahui juga baterai yang digunakan pada mobil hybrid menurut beberapa pabrikan mobil bisa bertahan hingga 200.000 atau bahkan 250.000 kilometer.

Jadi jangankan membeli mobil hybrid dengan kilmeter sebanyak itu, mobil biasa pun kalau sudah mencapai 200 ribu kilometer ke atas tentunya kita akan berpikir dua kali. Maka untuk lebih amannya usahakan membeli mobil hybrid bekas dengan kilometer yang tidak terlalu tinggi.

Ketiga periksa riwayat servis lengkap akan membantu kita mendapatkan informasi dari mobil tersebut, seperti misalnya apakah mobil hybrid tersebut pernah melakukan pergantian baterai, atau informasi-informasi lainnya yang berguna untuk anda memutuskan dalam pembelian.

Membeli mobil hybrid bekas juga disarankan untuk membeli langsung dari showroom yang biasanya memiliki garansi yang setidaknya akan menghindari anda dari masalah di kemudian hari.

Namun apabila anda terlanjur jatuh hati dengan mobil hybrid yang dijual dari pemilik langsung, maka lebih baik anda melakukan cek mobil secara keseluruhan di bengkel resmi atau melalui jasa pengecekan mobil bekas profesional, tentunya dengan persetujuan pemilik mobil.

Selanjutnya lakukan pengujian langsung dengan membawa mobil di jalan raya sangat membantu anda mengetahui kondisi sebenarnya pada mobil hybrid yang ingin anda beli. Ada beberapa hal yang harus anda ketahui apalagi apabila anda belum pernah membawa mobil hybrid sebelumnya.

Membawa mobil hybrid agak sedikit berbeda dengan mobil normal lainnya. Pada saat kunci kontak dinyalakan biasanya anda tidak akan mendengar suara starter untuk menyalakan mesin. Biasanya untuk kondisi jalan diawal mobil hybrid hanya menggunakan mesin listriknya saja, jadi kalau mobil tidak terdengar apa-apa jangan khawatir hal tersebut normal adanya.

Begitupun kalau mobil hybrid masih berjalan dalam kecepatan dibawah 40 km/jam yang terjadi hanya mesin listrik yang terdengar, kecuali kalau baterai dalam keadaan kosong maka mesin normal akan menyala untuk mengisi daya baterainya.

Editor : Dony Lesmana Eko Putra

Saksikan video menarik berikut ini: