alexametrics
GIIAS 2019

Berburu Diecast di GIIAS 2019, dari Ratusan Ribu Sampai Puluhan Juta

27 Juli 2019, 05:37:16 WIB

JawaPos.com – Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2019 memasuki hari-hari terakhir. Sejak dibuka pada Kamis (18/7) lalu, GIIAS 2019 telah menampilkan beragam kendaraan terbaru dengan beragam tawaran inovasi yang menyertainya.

Tak melulu soal mobil baru, GIIAS 2019 yang akan berakhir pada Minggu (28/7) mendatang juga bisa dijadikan tujuan wajib untuk berburu barang koleksi hobi otomotif lainnya. Barang-barang tersebut berupa aksesori mobil dan motor, sparepart after market hingga diecast atau replika kendaraan mobil atau motor dalam bentuk miniatur dengan detail yang mirip dengan aslinya.

Pantauan JawaPos.com di arena GIIAS 2019 pada Jumat (26/7) sore, arena hobi, sparepart dan printilan otomotif lainnya berada di Area 2, Hall 10 Indonesia Internasional Convention Exhibition (ICE), BSD. Area 2 sendiri menjadi tempat bagi beberapa vendor kendaraan penumpang dan niaga seperti bus dan truk.

Untuk Anda yang sedang berkunjung ke GIIAS, bisa menemukan barang-barang hobi otomotif jika telah melewati area kendaraan niaga yang menampilkan jajaran bus dari para vendor dan karoseri. Untuk tempatnya sendiri tidak spesifik dan menyebar di beberapa titik.

Diecast Alfa Romeo klasik dengan harga Rp 10 juta di booth diecast Automodels di GIIAS 2019 (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Untuk diecast, anda bisa menemui beberapa booth, salah satunya adalah Automodels. Marketing Manajer Automodels, Heri menyebut bahwa booth diecast Automodels menawarkan beragam tipe mobil dari vendor-vendor otomotif global. “Tipenya macam-macam seperti Mercedes-Benz, Toyota, Lamborghini, BMW dan banyak lagi lah,” ujarnya kepada JawaPos.com.

Automodels sendiri menawarkan diecast dengan berbagai skala. Mobil-mobil miniatur yang mirip dengan aslinya sampai ke detailnya ditawarkan mulai skala 1:43, 1:18, 1:64 1:87. Mobil-mobil modern sampai model klasik semua ada. Namun menurut Heri yang paling banyak dicari adalah mobil Mercedes-Benz dan beberapa model populer lainnya dari Jepang.

Untuk harganya sendiri jangan terkejut, mobil-mobil mainan ini kendati hanya mainan ada yang dilego sampai puluhan juta rupiah. “Kisaran harga mulai Rp 120 ribu sampai Rp 10 juta di sini (GIIAS 2019) ada,” sambung Heri.

Diecast tak hanya sebagai mainan dan kebutuhan hobi saja. Dikatakan Heri, diecast juga bisa menjadi barang investasi, apa lagi untuk model-model mobil langka seperti mobil klasik. Untuk diecast juga tak sembarang mainan, mobil-mobil miniatur itu juga memiliki lisensi dari pabrikan pembuatnya mulai dari Jerman, Italia, Jepang, dan banyak lagi.

Jajaran diecast atau miniatur mobil di GIIAS 2019 (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Tak hanya mobil miniaturnya saja, di GIIAS 2019, Anda juga bisa menemukan case atau penyimpanan untuk menempatkan diecast koleksi Anda. Case tersebut berbentuk seperti lemari atau rak kecil, bisa digantung atau diletakan di meja dan akan menjadi rumah dari diecast koleksi Anda.

Case diecast tersebut bisa dijumpai di booth Joe Diecast. Menariknya, dijelaskan Arief, penjual penyimpanan diecast, penyimpanan diecast yang dijual adalah buatan tangan alias hand made. “Dibuat dari kayu pinus, terus pakai akrilik buat penutupnya,” jelas Arief.

Case atau penyimpanan diecast yang dijualnya juga murah. Dikatakannya, harga karyanya dilego mulai dari Rp 150 ribu hingga Rp 350 ribu saja. Penyimpanan diecast yang dijualnya di GIIAS 2019 bisa menampung enam buah mobil miniatur hingga 50 buah. Pesanan khusus juga dilayani yang menginginkan bentuk lain untuk menyimpan diecast.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads