Saham Toyota Turun Akibat Akibat Recall 2.700 Mobil Listrik BZ4X

27 Juni 2022, 17:51:30 WIB

JawaPos.com – Langkah Toyota Motor Corporation (Toyota) melakukan recall terhadap mobil listrik pertamanya yaitu Toyota bZ4X menimbulkan efek lain. Ya, saham Toyota Motor Corp dan Subaru Corp mengalami penurunan pada Jumat, 24 Juni 2022.

Dengan adanya tindakan recall, saham Subaru dilaporkan turun hampir 5 persen, sedangkan saham Toyota juga mengalami penurunan sebanyak 1,6 persen saja.

Seperti diberitakan sebelumnya Toyota telah melakukan recall terhadap mobil listrik bZ4X sebanyak 2.700 unit. Tindakan recall dilakukan itu terjadi hanya dalam waktu kurang dari dua bulan setelah peluncurannya.

Sebanyak 2.700 unit terdiri dari 2.200 unit diperuntukkan untuk Eropa, 260 unit untuk Amerika Serikat, 20 unit untuk Kanada dan 110 untuk Jepang, kata perusahaan itu.

Melansir dari situs Toyota pihak Toyota dengan tulus meminta maaf atas ketidaknyamanan yang dialami para konsumen. “Kami akan memperbaikinya sesegera mungkin, tetapi kami sedang menyelidiki detailnya.”

Akan tetapi menurut salah seorang juru bicara Toyota mengungkapkan kalau tidak semua model bZ4X yang kena recall, sayangnya tak dijelaskan lebih lanjut seberapa banyak model yang terhindar dari recall.

Di sisi lain merek Subaru juga dikabarkan melakukan hal yang sama seperti Toyota yang melakukan penarikan kembali mobil listrik Soltera. Jumlah yang terkena recall kurang lebih 2.600 unit. Kendaraan listrik Subaru ini dikembangkan bersama dengan Toyota.

Menurut Lembaga Perlindungan dan Keselamatan Berkendara di negara Matahari Terbit ini mengatakan, kalau permasalahan mobil yang bermain di segmen SUV listrik ini diketahui ketika dikemudikan dalam kecepatan cukup tinggi dan melewati tikungan dan melakukan pengereman mendadak mengalami masalah.

Editor : Dony Lesmana Eko Putra

Saksikan video menarik berikut ini: