alexametrics

Naik Motor Berasa Cepat Lelah? Ada yang Salah dengan Posisi Ridingnya

27 Mei 2022, 17:07:11 WIB

JawaPos.com – Berkendara dengan sepeda motor tentu saja lebih efisien untuk menembus padatnya lalu-lintas perkotaan. Dengan moda transportasi roda dua ini, kita bisa berkendara dengan lebih cepat dan lebih hemat.

Namun berkendara dengan motor tentu ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan. Khususnya posisi tubuh saat berkendara agar lebih aman dan tidak cepat lelah.

Danang Hermanto, salah satu instruktur Yamaha Riding Academy (YRA) Jogjakarta mengungkapkan, ada beberapa tips terkait posisi berkendara yang perlu dihindari agar berkendara jadi tidak terasa melelahkan. Hal ini perlu diperhatikan para riders.

”Posisi tubuh ikut mempengaruhi keselamatan berkendara dan juga daya tahan tubuh saat berkendara. Tidak jarang banyak pengendara ternyata salah menempatkan posisi tubuh saat berkendara motor, sehingga memperburuk pengendalian motor dan juga menyebabkan mudah lelah saat berkendara,” tutur Danang.

Berikut tips yang diberikan oleh Danang Hermanto:

Pertama, sesuaikan posisi duduk sesuai postur pengendara serta rileks dan duduk di tengah jok motor. Tidak terlalu maju atau mundur, maupun miring ke samping. Hal ini sangat penting, karena bila posisi duduk tidak pas di tengah, akan mengganggu keseimbangan dan efek buruknya tubuh akan lebih cepat lelah.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads