alexametrics

Motor Yamaha RD350, Tetap Asik Meski Berwajah Klasik

27 Februari 2019, 07:49:06 WIB

JawaPos.com – Motor klasik selalu punya sisi menarik untuk dibangkitkan. Keunikan desain yang memberikan ciri khas tersendiri membuat banyak orang terpikat dengannya. Salah satu motor legendaris tersebut adalah Yamaha RD350 lansiran 1985 yang sudah jarang ditemui.

Setelah lama ditinggalkan sang pemilik tanpa dirawat, sebuah Yamaha RD35 akhirnya ditemukan dan dipugar kembali oleh rumah modifikasi Bluesmoke Customs, yang bermarkas di India. Restorasi motor jadul Yamaha ini menjadi tantanngan yang serius bagi mereka karena kuda besi ini sudah jarang terlihat.

Meskipun ditemukan dalam kondisi buruk, keinginan yang kuat dari crew Bluesmoke Customs menghadirkan kembali Yamaha RD35 seperti bentuk asalnya membuat mereka bekerja cepat. 

Rangka yang masih utuh motor retro ini kembali dibersihkan dari karat, tangki bawaannya ikut dipermak kembali sehingga kelihatan mulus seperti baru sebelum melumurinya dengan cat khusus berwarna merah dengan grafis putih dan hitam disematkan pada tangki. Bagian tutup mesinnya dipoles dengan warnah hitam mengkilap sehingga tampil menarik dengan corak dual tone. 

Tak hanya itu, untuk membuat tampilannya semakin apik bagian fender depan belakang, penutup lampu, dudukan lampu, bar pelindung mesin, tutupan tangki hingga besi yang melingkari jok diberikan aksen krom. Bahkan bagian kaki-kaki seperti velg, penutup rantai hingga knalpot mendapatkan krom.

Motor ini benar-benar direstorasi total dengan tidak mengubah sedikitpun strukturnya. Sehingga tampak seperti model bawaannya. Hanya bagian sadel yang mendapat bantalan tambahan untuk meningkatkan kenyamanan.

Bagian jantung pacunya sudah mendapat ubahan secara teknis. Powernya yang semula hanya menghasilkan 27 hp diseting dengan sejumlah ubahan dan bore-up sehingga poernya menjadi 39 hp. Ubahan mesin ini membuatnya memiliki power yang lebih agresif.

Bagian suspensi depannya menggunakan model teleskopik konvensional, sementara suspensi belakangnya menggunakan pegas kembar. Secara keseluruhan pekerjaan restorasi ini telah bekerja maksimal dengan melakukan hunting untuk mencari pernak-perniknya sehingga ia terlihat seperti model aslinya. Restorasi Yamaha RD350 ini terbilang cepat karena hanya memakan waktu kurang lebih 3 minggu.

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : Wilfridus Zenobius Kolo



Close Ads
Motor Yamaha RD350, Tetap Asik Meski Berwajah Klasik