alexametrics

Ini Risiko Pakai Ban Cacing untuk Motor Harian

26 November 2018, 11:12:10 WIB

JawaPos.com – Banyak masyrakat khususnya anak muda yang kerap memodifikasi kaki-kaki motornya dari yang standar menjadi lebih kecil. Ada kecenderungan mereka menggunakan velg dan ban yang lebih kecil alias ban cacing.

Alasan utama penggantian velg dan ban ini agar motor tampil lebih ramping, terlihat lebih keren sesuai dengan trendy. Hal ini tentu bisa diterima tetapi menyalahi standar safety kendaraan bermotor. 

Defensive & Evasive Driving Instructor of IDDC (Indonesia  Defensive Driving Center), Adrianto Sugiarto Wiyono mengatakan menggunakan pelek kecil dan ban cacing pada motor sebenarnya membahayakan karena mengurangi kestabilan motor.

Ini Risiko Pakai Ban Cacing untuk Motor Harian
Berboncengan dengan motor yang menggunakan ban cacing . (Istimewa)

“Sederhananya, pabrik itu sudah memperhitungkan beban seperti ini dengan tenaga yang dihasilkan sekian dan telapak ban yang cocok lebarnya seberapa. Kalau dirubah otomatis akan mengurangi fungsi terbaik ban tersebut,” kata pria yang akrab di sapa Rian ini beberapa waktu lalu.

Ia memastikan bahwa ketika roda motor diganti dengan ban yang lebih kecil maka traksinya akan berkurang dan risikonya ada ketidakstabilan saat berkendara yang bisa menyebabkan pemotor terjatuh dalam kondisi tertentu.

“Mereka (pabrikan-red) sudah buat ban berdasarkan perhitungan itu, Kalau kita  buat lebih kecil dari iyu, traksinya akan berkurang. Ketika traksinya berkurang punya risiko kita selip  atau kita jatuh dan lain sebagainya. dan kita tentu tidak berharap risiko itu terjadi. Apalagi saat hujan dan jalan licin seperti saat ini,” jelas Rian.

Lebih lanjut ia juga mengungkapkan bawa konstruksi ban yang dibangun sebenarnya sudah disesuaikan dengan berbagai kondisi jalan, untuk jalan lurus, tikungan, kondisi jalan basah, berkerikil dan sebagainya. Semuanya telah diuji dengan standar ukuran tersebut. Jadi kalau menyalahi ukuran yang telah diberi standar konsekuensinya adalah risiko.

“Kita harus biasakan untuk memelihara kendaraan sesuai dengan fungsinya dan yang penting bagaimana kendaraan itu safety.Jadi sebaiknya motor dengan ban cacing hanya digunakan untuk kebutuhan kontes atau lainnya. Bukan digunakan untuk berkendara harian karena berisiko,” tukasnya. 

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : (wzk/JPC)



Close Ads
Ini Risiko Pakai Ban Cacing untuk Motor Harian