alexametrics

Lika Liku Honda NSR150 Menjadi Honda CBR 150R Hingga Sekarang

25 Juli 2020, 12:02:56 WIB

JawaPos.com – Seperti diketahui bagi masyarakat pecinta motor sport fairing siapa yang tak kenal dengan Honda CBR150R. Bila dilihat dari dimensi, kapasitas mesin, dan bobotnya terbilang kompak. Motor yang masuk dalam kelas sport entry level ini dibuat untuk menggantikan posisi Honda NSR150.

Ya, Honda NSR150 saat itu menggunakan mesin dua-tak, dan teknologi ini ditinggalkan oleh Honda. Pada 2002 merupakan momen pertama kelahiran CBR150R dengan mesin DOHC 4-tak. Bila Anda penasaran, bagaimana perjalanan dari generasi ke generasai Honda CBR 150R ini?

Honda CBR 150R generasi pertama hadir sebagai penerus Honda NSR 150R. Model ini masih diproduksi di Thailand, motor sport fairing berbobot 115 kg ini mengusung mesin baru 4 tak 150cc DOHC bersistem suplai bahan bakar karburator dan sudah mengaplikasikan ban tubeless. Kecintaan konsumen Tanah Air akan sepeda motor model ini lalu ditanggapi oleh Importir Umum saat itu. Beragam varian warna dihadirkan selama periode waktu 2002 – 2010.

Generasi kedua Honda CBR 150R memberikan sensasi yang luar biasa, dengan desain baru yang lebih sporty dan tampilan yang berbeda dengan generasi sebelumnya. Ini membuat model ini dengan cepat merebut perhatian para pecinta motor sport di Indonesia. Hal itu terlihat dari antusiasme masyarakat Indonesia dengan motor ini. Inspirasi Honda CBR 150R terbaru ini diambil dari Honda CBR 1000RR dan sebagian dari Honda VFR 1200F.

Diproduksi pada 2014, Honda CBR 150R generasi ketiga masih menggunakan mesin 4 tak DOHC 150cc dengan 6 tingkat kecepatan. Dari segi desain, fairing Honda CBR 150R terkesan lebih dinamis, agresif, sporty, dan cenderung terinspirasi dari varian tertinggi motor sport Honda CBR 1000RR.

Pada headlamp kembali menggunakan dual keen eyes yang masih menggunakan bohlam 35 watt. Perubahan yang mencolok lainnya terlihat dari tipe rangka yang digunakan, generasi ketiga ini mengadopsi rangka Trellis dengan konsep diamond truss dengan beberapa modifikasi di bagian bracket dan sub frame. Suspensi belakang juga sudah mengadopsi suspensi tunggal dengan fitur Pro-Link Suspension.

Dalam mengembangkan Honda CBR 150R generasi keempat di tahun 2016, Honda memegang tiga dasar pengembangan, yaitu chasis, power, dan design. Untuk chasis, Honda melakukan weight reduction dan mass centralization agar motor lebih stabil dan ringan. Hal ini dibuktikan dengan menggunakan chasis terbaru dan bahkan mampu memangkas bobot motor hingga 5 kg. Honda CBR 150R menggunakan mesin 150cc DOHC 6 kecepatan dengan perbandingan kompresi adalah 11,3:1.

Hal ini jelas akan menghasilkan kecepatan yang lebih besar dan juga diklaim lebih irit bahan bakar. Desain CBR 150R menjadi daya tarik utama dari versi terbaru ini. Tampilan fairing lebih tajam. lebih rendah, dan ramping. Penggunaan lampu LED dan speedometer digital membuat motor ini lebih futuristik. Tampilan keseluruhan motor ini semakin sporty dan memberikan kesan seperti motor balap.

Tahun ini Honda CBR 150 belum ada perubahan baru dari segi teknonologi, hanya penambahan pilihan striping baru saja. Akan tetapi, tak sedikit masyarakat yang kesengsem dengan Honda CBR 150 karena bandel mesin dan desain tampilannya.

Editor : Eko Putra




Close Ads