alexametrics

Tak Ada Wiper Belakang di Hyundai Ioniq 5 Karena Ada Pembelah Udara

25 Juni 2022, 23:26:03 WIB

JawaPos.com – Ada hal yang unik bila kita melihat mobil listrik besutan Hyundai yang sedang di gandrungi masyarakat Indonesia yaitu Ioniq 5. Rata-rata sering dijumpai pada mobil roda empat mempunyai wiper pada bagian depan dan belakang untuk mengusap air saat kondisi hujan.

Namun pada Hyundai Ioniq 5 pada bagian belakang tidak dibekali dengan wiper, padahal hal ini sangat penting dan merupakan salah satu penunjang sistem keselamatan saat hujan atau kotor.

Ini bisa dikatakan unik dan berbeda dari mobil crossover atau SUV lainnya yang rata-rata memiliki wiper pada kaca belakangnya. Bila melihat model Ioniq 5 bisa masuk dalam segmen SUV atau crossover yang semestinya menggunakan wiper dan ini sudah menjadi hal yang biasa bagi konsumen di Indonesia.

Saat di singgung terkait tidak adanya wiper pada bagian kaca belakang Hyundai Ionq 5, Product Expert PT Hyundai Motors Indonesia Bonar Pakpahan memberikan alasan teknis. Bonar memberikan alasan kalau pada Hyundai Ioniq 5 dibekali dengan desain spoiler yang memiliki dua buah buah lubang dengan kemampuan membelah udara.

”Aliran udara dari depan akan masuk melewat lubang di spoiler dan turun ke kaca belakang. Memiliki tugas untuk mendorong air yang terdapat pada kaca belakang. Sehingga dirasakan tidak perlu untuk menggunakan wiper belakang. Karena mobil listrik dirancang untuk bisa sangat efisien,” ujar Bonar.

Bonar menambahkan selain alasan desain, faktor efisiensi penggunaan listrik juga jadi alasan lain yang membuat pabrikan memutuskan untuk meniadakan wiper belakang pada Ioniq 5.

“Namanya mobil listrik itu kan diusahakan bagaimana mobil ini bisa seefisien mungkin. Banyak cara untuk membuat sebuah mobil itu menjadi sangat efisien, diantaranya dengan memanfaatkan desain spoiler yang bisa membelah udara, kenapa tidak dimanfaatkan aliran udara tersebut sebagian bisa di-direct melewati kaca belakang,” tambah Bonar.

Harus di akui pada hasil akhir Hyundai Ioniq 5 berupaya menghindari penggunaan komponen-komponen yang tidak perlu, agar mobil bisa bergerak lebih efisien.

Editor : Dony Lesmana Eko Putra

Saksikan video menarik berikut ini: