Nano Box SUV Kompak Tenaga Listrik Besutan Dongfeng Harga Rp100 Jutaan

25 Januari 2023, 15:58:33 WIB

JawaPos.com – Dua brand otomotif melakukan kolaborasi yaitu Dongfeng Motor Corporation dengan Renault dengan membuat sebuah SUV kompak listrik. Melihat desain luarnya bisa dikatakan minimalis namun masih menyemburkan aura modern.

Melansir dari laman GizmoChina, Mobil listrik ini menggunakan basis yang sama dengan Renault City K-ZE atau bisa disebut sebagai versi listrik dari Renault Kwid. Harus diakui bahwa perkembangan mobil listrik di Tionkok memang cukup pesat, bahkan masyarakatnya mendapatkan subsidi dalam hal pembelian.

Pabrikan Dongfeng menunjuk unit bisnisnya yaitu Nano Box yang fokus ke kendaraan listrik untuk melakukan kerjasama dan memproduksinya dengan Renault. Mobil listrik yang diberi nama Donfeng Nano Box memiliki dimensi panjang 3.732 milimeter (mm), lebar 1.579 mm, dan tinggi 1.515 mm, serta jarak sumbu roda 2.423 mm.

Posisi lubang pengisian daya baterai berada di bagian depan mobil. Dengan tampilannya minimalis namun modern, warna yang menyelimuti didominasi dengan warna putih. Sedangkan pada interior memadukan dua warna.

Beberapa fitur canggih juga dibenamkan termasuk panel instrumen 7 inci dan layar pusat kontrol pengoprasian semua fitur sebesar 10 inci.

Nano Box juga memberikan fitur yang bisa terkoneksi dengan aplikasi berisi beragam fitur. Diantaranya pengoperasian buka tutup pintu mobil dari jarak jauh, kontrol AC, pencarian mobil saat di tempat parkir, hingga manajemen pengisian daya baterai.

Mobil listrik ini dibekali dengan motor listrik yang mampu menggelontorkan tenaga hingga 33 kW dan torsi 125 Nm. Bahkan pabrikan Tiongkok ini mengklaim akselerasi dari 0-50 km/jam mampu dicapai dalam waktu 6 detik.

Menggunakan baterai dari bahan lithium besi fosfat buatan CATL dengan kapasitas 15,97kWh. Baterai yang digunakan mampu menghantarkan SUV kompak menempuh jarak sejauh 201 km sekali cas baterai.

Kabarnya mobil ini nantinya untuk pasar global, namun versi pertama hanya akan djual di dalam negeri [Tiongkok] dengan banderol sekitar USD 8.900 atau sekitar Rp 133,2 juta dengan kurs per dolar Rp 14.956,15.

Melihat dari data Asosiasi Produsen Mobil Cina (CAAM) Dongfeng terus memacu penjualan kendaraan listrik buatannya. Sepanjang 2022 pabrikan asal Wuhan ini mampu menjual mobil elektrfikasi (listrik murni atau BEV dan hybrid) sebanyak 346.145 unit. Angka ini meningkat 115,5% dibanding tahun sebelumnya sebanyak 160.641 unit.

Merek Dongfeng juga ada di Indonesia dengan nama DFSK [Dongfeng Sokon]. Akan tetapi DFSK berencana menjual mobil listrik Mini EV yang telah diperkenalkan di sejumlah pameran otomotif sepanjang tahun 2022. Rencananya DFSK Mini EV akan dipasarkan tahun ini.

Editor : Dony Lesmana Eko Putra

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads