alexametrics

Mei 2022 Mobil Listrik Hyundai IONIQ 5 Mulai Diproduksi di Cikarang

25 Januari 2022, 01:58:33 WIB

JawaPos.com – Di 2022 merupakan moment penting bagi PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), pasalnya pabrikan merek Korea Selatan ini memastikan akan memproduksi mobil listrik di pabrik barunya di Indonesia. Unit tersebut adalah Hyundai IONIQ 5 yang akan diproduksi secara lokal di pabrik Cikarang, Bekasi.

Hal ini dipastikan oleh Chief Operating Officer PT HMID, Makmur. “Kami akan memproduksi Hyundai IONIQ 5 tahun ini, namun bulannya berapa, tunggu saja,” ujarnya saat acara acara Media Experience Day with Hyundai beberapa waktu lalu (13/1).

Sayangnya perihal waktu pastinya, Makmur masih menutup rapat informasi ini. Memang jauh sebelumnya Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia pada saat peresmian groundbreaking pabrik baterai Hyundai dan LG beberapa waktu lalu telah menyinggung terkait hal ini.

Bahlil mengungkapkan kalau salah satu mobil listrik buatan Hyundai akan diproduksi di Indonesia pada bulan Mei 2022 mendatang. Namun saat itu belum pasti varian apa yang akan diproduksi di Indonesia.

Gambaran jelas telah disebutkan pihak HMDI kalau IONIQ 5 akan diproduksi di Indonesia. Sebagai informasi IONIQ 5 mempunyai desain mobil hatchback masa depan. Terlihat sangat futuristik dibandingkan mobil listrik lainnya.

Kabarnya mobil ini akan ditawarkan dengan dua kapasitas baterai yaitu kapasitas 58 kWh, dan kapasitas 72,6 kWh. Keduanya juga ditawarkan dalam 2 pilihan penggerak roda, two-wheel drive dan all wheel drive. Tenaga yang dihasilkan maksimal mulai dari 232 dk sampai 302 dk dengan torsi puncak mencapai 605 Nm.

Kehadiran Hyundai IONIQ 5 sudah diprediksi, terbukti pihak HMID gencar memberikan edukasi terkait platform yang digunakan, E-GMP. Kemudian, baterai yang akan diproduksi di pabrik Hyundai dan LG pun untuk platform tersebut. Kita tunggu saja.

Editor : Dony Lesmana Eko Putra

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads