alexametrics

Toyota Crown Hybrid jadi Mobil Menteri, Mewah dan Kaya Fitur

24 Agustus 2019, 21:15:25 WIB

JawaPos.com – Jabatan menteri atau yang setingkat di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) jilid dua dipastikan bakal menggunakan mobil dinas baru. Toyota Crown dipilih menjadi tunggangan para menteri di kabinet Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’aruf Amin.

Soal mobil terbaru yang akan digunakan oleh para menteri di kabinet Jokowi yang kedua tersebut dikonfirmasi oleh Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia (Kemensetneg). Asisten Deputi Humas Kemensetneg, Eddy Cahyono Sugiarto, dalam siaran persnya, Kamis (22/8) menyampaikan bahwa pengadaan kendaraan itu dilakukan karena usia kendaraan telah lebih dari 10 tahun. Sementara, untuk pengadaan mobil dinas baru terakhir dilakukan pada 2005 dan 2009.

Dikutip dari laman resminya pada Sabtu (24/8), Eddy menjelaskan, sesuai hasil tender umum, dari beberapa penyedia yang memasukan penawaran, PT Astra International Tbk-TSO., dinyatakan sebagai pemenang. Lalu diperoleh Toyota Crown 2.5 HV G-Executive sebagai pengganti Toyota Crown Royal Saloon.

Toyota Crown terbaru dipilih jadi mobil menteri kabinet baru mendatang (Motor1)

“Kendaraan dinas VVIP Kepresidanan dan para menteri, pejabat setingkat menteri, pimpinan lembaga negara, mantan presiden, dan mantan wakil presiden, mayoritas telah berusia lebih dari 10 tahun. Sebagian besar saat ini kondisinya sering mengalami kerusakan dan tidak efisien, serta tidak layak untuk dipergunakan bagi pejabat negara,” ujar Eddy.

Ditambahkan Eddy, mobil dinas yang sekarang digunakan membutuhkan biaya perawatan yang tinggi sehingga perlu diremajakan dengan pertimbangan teknis, seperti faktor keamanan, keandalan, dan biaya pemeliharaan yang semakin tinggi karena usia pemakaian.

Toyota Crown yang dipilih sebagai kendaraan dinas menteri yang baru, mobil tersebut akan didatangkan langsung dari Jepang. Jepang sendiri menjadi negara pertama yang meluncurkan seri terbaru mobil tersebut pada Juni 2018 lalu.

Dilansir JawaPos.com dari Motor1, Toyota Crown teranyar berjalan pada platform Toyota New Global Architecture (TNGA) terbaru. Sebelum diluncurkan, kendaraan telah diuji di sirkuit Nurburgring, Jerman dan disebut menghasilkan performa yang luar biasa. Kinerja mengemudi yang responsif dan stabilitas kendaraan yang luar biasa dalam berbagai kondisi.

Interior Toyota Crown Hybrid (Motor1)

Model baru ini sedikit lebih panjang dari pendahulunya, yang diluncurkan pada 2012 lalu. Pembuat mobil juga dengan bangga mengumumkan telah memodernisasi seluruh kabin yang sekarang menampilkan bahan berkualitas tinggi dan lebih banyak ruang untuk pengemudi dan penumpang.

Dasbor didominasi oleh tata letak layar ganda baru yang menggabungkan layar pusat kendali delapan inci dan layar tujuh inci lainnya untuk climate control dan audio. Toyota menegaskan arsitektur TNGA membawa peningkatan signifikan dalam hal ketenangan kabin, yang dicapai berkat struktur rangka bodi kendaraan yang dioptimalkan dan pengaturan bahan-bahan kedap suara yang optimal.

Dasar-dasarnya juga memungkinkan untuk pemasangan mesin yang lebih rendah, yang menyediakan pusat gravitasi lebih rendah pula. Ini berdampak pada kenyamanan dan responsibilitas kemudi bagi penumpangnya.

Berbicara tentang mesin, Toyota menawarkan Crown baru dengan tiga powertrain yang berbeda. Satu-satunya opsi non-hibrida adalah unit gas turbo 2,0 liter dengan 245 horse power (180 kilowatt) dan torsi 350 Newton-meter.

Dua varian hibrida tersedia menggabungkan masing-masing mesin gas 2.5 dan 3.5 liter dengan motor listrik dan nikel-metal hydride atau baterai lithium-ion. Powertrain yang lebih kecil memiliki daya puncak 226 hp (166 kW), sedangkan yang lebih kuat menghasilkan 359 hp (264 kW). Nah untuk Indonesia, dipilih varian mesin hibrida Crown 2.5.

Interior Toyota Crown Hybrid (Motor1)

Toyota Crown varian mesin hibrida sendiri belum dijual di Indonesia. Mobil Hybrid Toyota yang dijual di tanah air sendiri saat ini adalah Camry Hybrid, Alphard dan All New C-HR. Dikonfirmasi JawaPos.com, belum ada tanggapan resmi dari pihak Toyota di Indonesia terkait Crown 2,5 HV G-Executive yang didapuk sebagai kendaraan dinas Menteri baru.

Apa yang istimewa lainnya dari Crown selain fakta bahwa Camry mewah dengan gaya yang lebih bagus? DCM 24-7 adalah jawabannya. Fitur ini menerjemahkan ke Modul Komunikasi Data dan konektivitas kendaraan 24 jam.

Mobil ini datang dengan fitur-fitur canggih seperti Driving Diagnoses, My Car Security, Operator Service Agent, Hybrid Navigation, Line My Car Account, Connected Car Insurance Plan, Helpnet, Connected Maintenance Package, e-Care Health Check Report dan e-Care Driving Guidance.

Terakhir, Toyota Crown terbaru juga dipenuhi banyak fitur keselamatan. Paket Safety Sense generasi kedua hadir sebagai standar, menambahkan Dynamic Radar Cruise Control, Lane Tracing Assist, Rem Lintas Lintas Lalu Lintas Otomatis, sistem High Beam Otomatis dan Adaptif, serta Road Sign Assist.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads