alexametrics
GIIAS 2019

DFSK Tunggu Regulasi untuk Rilis Mobil Listrik

24 Juli 2019, 05:04:49 WIB

JawaPos.com – Pameran otomotif Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2019 dijadikan oleh para vendor otomotif sebagai etalase untuk memajang kendaraan bermesin listrik. Salah satu yang memanfaatkan GIIAS 2019 sebagai ajang pamer mobil listrik adalah PT Sokonindo Automobile atau DFSK Motors.

DFSK di GIIAS 2019 memamerkan kendaraan terbarunya bertenaga listrik yakni Glory E3. Namun, kendaraan tersebut belum dirilis dan hanya dijadikan sebagai sarana edukasi bagi calon konsumen soal masa depan kendaraan yang lebih ramah lingkungan.

Alasan belum dirilisnya mobil listrik DFSK Glory E3 dikatakan Head of Marketing Team PT Sokonindo Automobile Major Qin lantaran masih menunggu rampungnya aturan soal mobil listrik di Indonesia.

“Elektrifikasi masih angan-angan, kenapa nggak jual saja langsung. Kejadian tersebut sama seperti di pasar luar. Untuk DFSK yang konsumen sentris. DFSK ingin produk yang dikenalkan melalui fase-fase dan regulasi yang seharusnya,” ujarnya dalam sesi media terkait mobil listrik di GIIAS 2019, Selasa (23/7).

DSFK Glory E3 hanya dijadikan sebagai sarana edukasi bagi calon konsumen soal masa depan kendaraan yang lebih ramah lingkungan (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Dirinya melanjutkan, DFSK ingin konsumen terlebih dahulu mengenal dan teredukasi soal mobil listrik. “Apakah konsumen tahu, konsumen butuh, konsumen akan dapat apa dari mobil listrik, itu kami ingin sampaikan kepada masyarakat, baru meluncurkan mobil,” sambung Qin.

Sebagai informasi, beberapa pabrikan otomotif di Indonesia ada yang telah merilis dan menjual mobil listrik kendati aturan soal mobil listrik belum rampung. Tercatat, di Indonesia yang sudah menjual mobil listrik adalah Mitsubishi dengan Outlander PHEV dan BMW dengan I3-nya.

Mobil listrik di Indonesia malahan juga telah digunakan sebagai armada taksi oleh Bluebird. Meski masih terbatas unitnya, Bluebird telah mendatangkan mobil listrik Tesla dan BYD sebagai moda transportasi umum. Hal ini tentunya dapat semakin mengedukasi masyarakat tentang eksistensi mobil listrik.

Sebagai informasi, beberapa negara maju telah mulai memasuki era elektrifikasi untuk sektor kendaraan dalam hal ini mobil. Oleh karenanya, para pabrikan otomotif telah mulai berlomba-lomba menghadirkan mobil listrik ke pasar-pasar tersebut.

Untuk Indonesia sendiri, era elektrifikasi tampaknya masih lumayan jauh dari realisasi. Selain aturan, infrastruktur yang memadai juga mesti disiapkan agar mobil listrik bisa semakin membumi di masyarakat.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads