alexametrics

Cara Merawat Baterai Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5 Agar Tetap Awet

24 Juni 2022, 20:02:23 WIB

JawaPos.com – Sama seperti gawai, mobil listrik yang beroperasi menggunakan baterai juga harus dirawat secara baik. Tentunya supaya fungsinya tetap maksimal dalam jangka waktu lama. Lantas, bagaimana cara menjaga kesehatan baterai pada mobil listrik agar tetap awet?

Technical Manager Hyundai Motors Indonesia (HMID) Fattony mengatakan, penurunan pemakaian baterai pada mobil listrik dipengaruhi oleh cara dan kebiasaan dalam mengisi daya kendaraan.

“Sama seperti mengisi daya handphone, dengan model yang sama, umur akan berbeda tergantung dari cara mengisi daya,” sebut Fattony.

Jika terlalu sering mengisi daya dengan fast-charging atau DC Charger kapasitas daya 50kW, baterai lebih cepat panas ketimbang mengisi daya dengan AC charger. Oleh karena itu, mengisi daya dengan DC charger terlalu sering bisa meningkatkan kemungkinan degradasi baterai lebih cepat.

Kendati demikian, berdasarkan pemakaian Ioniq untuk layanan taksi yang dipesan daring, ia menuturkan kesehatan baterai pada mobil-mobil tersebut masih baik dalam kurun dua tahun.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini: