alexametrics

Bigtoe dan Smalltoe, Sepeda Motor Tertinggi dan Terkecil di Dunia

24 Juni 2020, 21:46:31 WIB

JawaPos.com – Bicara soal kendaraan roda dua, aksesori dan modifikasinya memang seakan tak ada habisnya. Di seluruh dunia, tak terhitung jumlah sepeda motor yang dimodifikasi dengan gaya-gaya yang terbilang unik bahkan nyeleneh hingga sulit dicerna oleh akal sehat.

Salah satu modifikasi kendaraan roda dua yang tergolong unik adalah sepeda motor terbesar dan terkecil di dunia. Beberapa dekade lalu, kedua motor tersebut juga sempat memecahkan rekor dunia dan tercatat oleh Guinness Book of World Record.

Sepeda motor tersebut adalah Bigtoe dan Smalltoe. Sepeda motor terbesar dan terkecil di dunia itu dibangun oleh seorang penemu Swedia Tom Wiberg, seorang pria yang keahlian dan kreativitasnya boleh dibilang di atas orang kebanyakan.

Bigtoe
Bigtoe, motor tertinggi di dunia (AutoEvolution)

Sepeda motor terbesar dan tertinggi di dunia bernama Bigtoe. Bigtoe dibangun pada tahun 1998 dan disertifikasi oleh Guinness pada tahun 1999 sebagai sepeda motor tertinggi di dunia dengan tinggi 2,3 meter, panjang 5 meter  dan berat 1.645 kg. Karena ukuran dan beratnya, diperlukan roda tambahan agar Bigtoe bisa tetap berdiri dengan tegap dan stabil.

Dilansir dari AutoEvolution, Rabu (24/6), Bigtoe memang sengaja dibangun untuk menetapkan rekor ketinggian. Sepeda motor tersebut ditenagai oleh mesin Vintage 1975 Tipe E Jaguar 300 hp mesin 5.3 liter dan dengannya Bigtoe mampu mencapai kecepatan tertinggi 100 km per jam.

Bigtoe dibangun dengan menghabiskan biaya lebih dari USD 80 ribu atau berkisar Rp 1,1 miliaran saat itu. Butuh enam tahun baginya untuk merancang dan membangun Bigtoe, karena ia membuat sebagian besar bagiannya sendiri.

Beralih ke sepeda motor kedua, ada Smalltoe. Kebalikan dari Bigtoe, ini adalah sepeda motor terkecil di dunia.

Karena Tom mungkin mengerti bahwa orang akan membangun motor yang lebih besar dan lebih besar lagi, dia kemudian mulai mencari cara bagaimana dia bisa membuat yang terkecil di dunia. Hasilnya adalah sesuatu yang hampir tidak sama dengan sepeda motor pada umumnya.

Sebuah benda serupa gulungan kecil berbentuk kotak, sesuatu yang bahkan tidak memiliki ruang untuk pengendara manusia, tetapi tetap bisa dikendarai. Smalltoe adalah sepeda motor terkecil di dunia dengan dimensi tinggi 65 mm. Smalltoe memiliki diameter roda depan 16 mm dan diameter roda belakang 22 mm dengan wheelbase 80 mm.

Beratnya hanya 1,1 kg dan telah sah menjadi motor terkecil di dunia sejak 2003. Meski terlihat seperti mainan, tetapi Tom benar-benar mengendarainya sehingga Guinness dapat menyatakannya sebagai sepeda motor.

Ditenagai oleh motor bermesin tunggal, 0,3 tenaga kuda, berbahan bakar etanol RC dengan transmisi maju (jenis yang digunakan dalam pesawat remote control), motor ini harus dipacu dengan motor eksternal. Pengendara memakai sepatu khusus yang dibuat dengan pasak yang masuk ke tubuh sepeda motor, dalam apa yang mungkin posisi naik paling tidak nyaman dan paling konyol yang pernah ada.

Seperti sudah disinggung di atas, motor terkecil di dunia ini benar-benar bisa dikendarai. Tom mengendarainya dengan kecepatan tertinggi 2 km per jam (1,24 mph) untuk jarak 10 meter (3,28 kaki).

Smalltoe tidak memiliki rem atau suspensi karena ukurannya yang teramat kecil. Itu juga tidak bisa dikemudikan, dengan Tom mengatakan pada saat itu bahwa dia mungkin bisa menaikinya untuk waktu yang lebih lama seandainya itu tidak menemukan rintangan di jalannya.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads