alexametrics
Kaleidoskop Otomotif 2018

Wabah Kendaraan Klasik Yang Tak Pernah Reda

23 Desember 2018, 09:00:44 WIB

JawaPos.com – Kata pepatah bahwa roda dunia itu berputar ternyata benar, Bro. Buktinya tren kendaraan saat itu berputar kembali memasuki masa jadul.

Tahun 2018 juga diwarnai oleh maraknya kendaran klasik. Berbagai model kendaraan bergaya klasik marak diumbar oleh produsen. Wabah model jadul ini terutama banyak terjadi di ranah kendaraan roda dua. Tak mau mengabaikan selera konsumen, Kawasaki menyodorkan W175 dengan wajah retronya yang kental.

Bahkan beberapa produsen kendaraan sengaja melahirkan kembali model lamanya. Salah satunya adalah Honda Super Cub C125. Kendaraan ini menjadi generasi penerus leluhurnya yaitu Super Cub C110 dan C100 yang pernah populer sekitar 60 tahun silam.

Wabah Kendaraan Klasik Yang Tak Pernah Reda
Ilustrasi tren kendaraan klasik (Rofiah Darajat & Ane / JawaPos.com)

Tak hanya berhenti hanya di roda dua, wabah itu juga melanda dunia roda empat. Model-model mobil klasik hidup kembali. Mobil klasik kemudian banyak dipamerkan. Selera pasar itu pun kemudian ditangkap oleh produsen untuk melahirkan produk lamanya yang pernah melegenda. Salah satunya yaitu Suzuki Jimny yang bangkit kembali dengan sentuhan teknologi moderen.

Bahkan maraknya tren mobil klasik ini membujuk Aston Martin memproduksi ulang Aston Martin DB5 yang pernah digunakan oleh aktor terkenal, Sean Connery dalam seri film James Bond, berjudul Goldfinger tahun 1964.

Selain itu, Aston Martin juga akan mengembangkan kembali Aston Martin DB6 Volante 1970. Mobil klasik ini akan dikembangkan menjadi mobil listrik atau electric vehicle (EV) dengan sebuah program khusus bermakna Heritage EV. Program ini rencananya akan mulai berjalan tahun 2019 untuk memberikan penghargaan pada salah satu model legendarisnya.

Kainginan Aston Martin melakukan hal ini agar memberikan masa depan yang sama berkelanjutan untuk model-model lawas yang menjadi ikon dalam kiprahnya di dunia otomotif. Autoevolution, Sabtu (8/12) menggambarkan proses Volante yang akan dikembangkan menjadi mobil listrik

Tren swap engine

Tren mobil klasik kemudian juga menumbuhkan hasrat pecinta otomotif untuk melakuakn swap engine. Merombak mesin konvensional yang digembol mobil klasik, kemudian menjejali kendaraan itu dengan teknologi EV

Pilihan inovasi yang memadukan model lama dengan teknologi baru yang mutakhir tentu akan kembali membangkitkan kekuatan desain jadul pada era mobil listrik ke depan.

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : (wzk/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Wabah Kendaraan Klasik Yang Tak Pernah Reda