alexametrics

Gendong Fitur Canggih, New Sirion Tangguh di Jalanan Ekstrem Sulut

23 Juni 2022, 09:52:53 WIB

JawaPos.com – Daihatsu New Sirion dibekali sejumlah fitur canggih. Salah satunya adalah fitur HSA (Hill Start Assist). Fitur itu dapat mencegah mobil bergerak mundur saat berhenti di tanjakan selama beberapa detik. Hal ini agar dapat memindahkan posisi kaki dari pedal rem ke pedal gas ketika siap melaju kembali.

Dengan fitur tersebut, New Sirion tangguh saat melibas jalanan ekstrem di Sulawesi Utara (Sulut), khususnya di kawasan Tomohon. Pada hari kedua, Rabu (22/6) Daihatsu dalam gelaran test drive bersama jurnalis menyusuri jalan-jalan ekstrem di Tomohon untuk menuju dua destinasi unik, yaitu Puncak Bukit Tetetana dan Tuur Maasering.

Mengutip dari berbagai sumber, Puncak Bukit Tetetana merupakan salah satu objek wisata alam yang sedang hits. Di bagian puncak bukit itu pengunjung dapat melihat pemandangan empat wilayah daerah di Sulut yang terhampar. Seperti, Tanawangko (Kabupaten Minahasa), seentero Kota Manado, dan Kabupaten Minahasa Utara. Lalu wilayah Kecamatan Tombulu (Minahasa), hingga ke Kota Bitung.

Jalan menuju destinasi ini terbilang ekstrem berupa tanjakan dan berbelok-belok. Selain itu, jalan juga terbilang sempit dan ketika berpapasan dengan kendaraan roda empat dari arah berlawanan harus berhenti salah satunya. Di sisi lain, lantaran menuju area perbukitan, sejumlah ruas jalan di sisi kiri dan kanan berupa jurang yang cukup tajam.

Di sinilah fitur HSA sangat membantu New Sirion untuk melibas jalanan ekstrem dengan aman. Ketika harus berhenti di jalan menanjak yang cukup tinggi, tidak ada masalah. Dengan mangaktifkan fitur HSA, manuver kembali bisa berjalan mulus.

Saat menuju ke destinasi berikutnya yakni Tuur Maasering di Tomohon Timur, harus menuruni jalan menurun yang cukup curam. Tempat wisata ini mempunyai konsep yang unik dengan nuansa hutan pohon aren, serta ditambah dengan bangunan kafe yang terbuat dari kayu dan bambu dengan perpaduan wisata alam dan kebudayaan. Salah satu keunikan destinasi ini adalah terdapat tempat penyulingan minuman khas Minahasa dari pohon aren. Pengunjung bisa menyaksikan langsung bagaimana proses pembuatan minuman khas Minahasa.

Saat melewati jalanan ekstrem yang menurun, New Sirion tetap nyaman. Pasalnya, di tuas transmisinya terdapat mode B. Dengan mode B ini, New Sirion saat melewati jalanan yang menurun tajam tetap stabil. B berarti Brake dan ketika diaktifkan, sistem kerjanya seperti engine brake yakni teknik untuk memperlambat laju mesin saat transmisi diturunkan pada gigi yang lebih rendah.

Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi menjelaskan fungsi dari mode B di New Sirion yakni lebih diutamakan untuk membantu pengereman. “B berarti Brake atau perlambatan. Sederhananya langkah menurunkan rasio gigi (virtual) yang tidak berurutan. Mode ini cocok untuk jalanan menurun,” jelas Bambang.

Mode B pada dasarnya menahan putaran mesin saat jalan menurun sehingga proses perlambatan bisa maksimal. Fitur ini bisa mengurangi kinerja rem sehingga posisi mobil tetap stabil saat melewati jalan yang menurun. Pengereman bisa bekerja lebih maksimal dan rem tidak akan cepat rusak.

Saat melibas jalanan ekstrem berupa tanjakan dan menurun, manuver dari New Sirion terbilang cukup andal. Ketika berbelok, respons stir masih ada feel atau istilahnya tidak “banting”. Selain itu, suspensi dari New Sirion juga terasa nyaman. Untuk mobil city car yang lebih untuk perkotaan, suspensi New Sirion tidak keras dan tidak terlalu empuk. Artinya sudah cukup nyaman.

New Sirion juga dilengkapi sensor parkir di belakang dan depan. Juga ada kamera parkir. Ini tentu memudahkan pengemudi dalam memarkirkan mobil.

“Melalui test drive ini, Daihatsu New Sirion telah terbukti aman, nyaman, dan fun to drive dalam digunakan baik di area perkotaan, maupun area lainnya. Daihatsu berharap, New Sirion dapat diterima oleh para Sahabat Muda di Indonesia, khususnya pelanggan di Sulawesi Utara yang juga menjadi salah satu area penjualan Daihatsu terbaik di Indonesia, serta berkontribusi positif bagi pasar otomotif nasional,” beber Sri Agung Handayani, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Editor : Ilham Safutra

Reporter : Edy Pramana

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads