alexametrics

Wow! Begini Penampakan Moda Transportasi Tanpa Pengemudi di Brooklyn

23 Maret 2019, 12:33:25 WIB

JawaPos.com – Banyak negara kini masih disibukkan dengan masalah penggunaan bahan bakar, pengembangan teknologi hybrid dan listrik untuk mobil. Hal berbeda terjadi di Brooklyn, Amerika. Disana perusahaan-perusahaan mapan telah memperkenalkan angkutan otonom yang bergerak di area tertentu.

Adalah area bernama Brooklyn Navy Yard, sebuah kompleks pabrik yang mempekerjakan sekitar 8.500 orang, tersedia moda trasportasi otonom yang dapat bergerak sendiri dari satu titik perhentian ke titik perhentian lain untuk mengangkut para pekerja.

Carscoops, Jumat (22/3) menyebutkan bahwa perusahaan yang mengoperasikan kendaraan otonom ini adalah Optimus Ride. Pengoperasian kendaraan otonom di area pabrik menjadi langkah awal sambil menunggu regulasi untuk beroperasi secara lebih luas.

Untuk sementara kendaraan otonom Optimus Ride hanya melayani area tertentu seperti sebuah pusat perkentoran luas, daerah wisata atau dermaga-dermaga baru. Kini sejumlah perusahaan pengembang mobil otonom tengah menunggu aturan di negara bagian New York yang masih sangat ketat soal kendaraan otonom.

Tidak seperti negara bagian lain, New York memiliki peraturan yang sangat ketat mengenai kendaraan yang bisa menyetir sendiri. Faktanya, sebelumnya pemerintah setempat mengharuskan perusahaan penguji untuk mendapat pengawalan polisi setiap saat jika mengembangkan prototipe otonom di jalan-jalan lokal.

Walikota New York, Bill de Blasio, adalah pengkritik vokal kendaraan yang bisa menyetir sendiri. Namun angin segar datang dari juru bicara Walikota, Seth Stein, yang mengatakan Optimus Ride dapat secara legal mengoperasikan layanan antar-jemput otonomnya secara umum tahun ini.

Catatannya adalah dalam masa uji coba, perusahaan mobil otonom harus mematuhi asuransi dan undang-undang non-lalu lintas lainnya dan tetap terbatas pada Brooklyn Navy Yard lebih luas.

Saat ini pihak Optimus Ride telah menyiapkan armada kendaraan self-driving di Yard Angkatan Laut Brooklyn dan perkebunan Paradise Valley dan akan terus meningkat selama periode penempatan. Jenis kendaraan yang digunakannya yaitu Neighbourhood Vehicle (NEV) yang dirancang untuk beroperasi di lingkungan 25 mph.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Wilfridus Zenobius Kolo



Close Ads
Wow! Begini Penampakan Moda Transportasi Tanpa Pengemudi di Brooklyn