alexametrics

Habiskan Dana Rp 2,7 Miliar, Begini Restorasi Land Rover Off-road 1992

23 Maret 2019, 14:00:41 WIB

JawaPos.com – Jaguar Land Rover pernah punya sebuah mobil legendaris dengan nama Defender. Mirip dengan namanya, mobil ini memang sangat tangguh di medan-medan ekstrim. Banyak orang mengenalnya sebagai salah satu mobil off-road yang pernah ada di dunia.

Ketangguhannya yang legendaris membuat mobil ini tetap memiliki loyalis. Meskipun saat ini, Land Rover sudah menghentikan produksi unit terbarunya. Di pasar kendaraan off-road, para peggemar petualangan masih mencari model ini. Itu sebabnya model-model lawas Defender menjadi incaran.

Mereka bahkan membuat restorasi yang luar biasa sehingga Defender ini tampil lebih ganteng, mewah dan elegan. Apalagi di wilayah Atlantik, mobil ini sangat booming karena banyak orang bersedia membayar mahal untuk mendapatkan retorasi terbaiknya.

Habiskan Dana Rp 2,7 Miliar, Begini Restorasi Land Rover Off-road 1992
Kemewahan kabin Defender 1992 dengan jok kulit Nappa mahal (Dok. Carscoops)

Salah satu bengkel retorasi yang menangani Defender adalah Arkonik. Ia baru saja menyelesaikan restorasi satu unit Defender tahun 1992 yang mendapat sebutan D110. Pada saat mendapatkan kliennya, mereka ingin sebuah mobil Defender yang tangguh yang bisa mencapai tempat peristirahatan yang berlokasi di Hutan Nasional Sawtooth, dengan medan ekstrim dengan aman.

Bagi Arkonik, model standar Defender sudah mampu menjajalnya. Namun kliennya meminta lebih. Mobil initidak harus tangguh tetapi nyaman dan mewah. Kesepakatan dilakukan dan Arkonik mulau menggarapnya.

Di sisi ekterior, Defender 1992 ini mendapatkan intake udara di bagian samping dan sayap atas, rak atap dengan tujuh lampu sorot LED dan tangga belakang, tangga samping, serta winch untuk kabel sling baja.Bodywork-nya berwarna Bonatti Grey tetapi atap dan lengkungan roda berwarna di Santorini Black untuk memberikan kontras yang halus.

Interiornya memiliki dua kursi Recaro bucket di depan, dua kursi model sport di baris kedua, serta empat kursi tip-up di belakang. Semuanya dilapisi kulit Nappa hitam dengan trim Alcantara dengan jahitan kontras.

Mobil ini juga sudah menggunakan teknologi moderen seperti kunci kontak moderen dengan port USB untuk dua baris pertama, paket pencahayaan LED, sistem suara premium Alpine dengan layar sentuh, Apple Car Play, AC, dan Sunroof.

Mendukung kemampuan jelajahnya ia menggunakan suspensi Terrafirma dengan peredam kemudi yang ditingkatkan sehingga batangnya anti-roll untuk memberikan bantuingan smooth layaknya karakteristik on-road. Kaki-kaki disempurnakan dengan ban BFGoodrich 16 inci dari Kahn Defend yang memiliki kemampuan membelah medan ekstrim.

Jantung pacunya didukung mesin diesel empat silinder turbo 200TDi yang ammpu menghasilkan power 111 hp dan torsi 255 Nm sehingga sangat mumpuni untuk penjelajahan. Untuk membangun Defender ini tangguh dan mewah ini pemiliknya menghabiskan dana USD 190 ribu atau setara dengan Rp 2,7 miliar.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Wilfridus Zenobius Kolo



Close Ads
Habiskan Dana Rp 2,7 Miliar, Begini Restorasi Land Rover Off-road 1992