alexametrics

Sinergi Swasta dan BUMN Ciptakan Ekosistem Kendaraan Listrik pada 2022

23 Februari 2022, 18:55:26 WIB

JawaPos.com – Perusahaan patungan Gojek dan PT TBS Energi Utama (TOBA) yaitu Electrum, berkolaborasi dengan Pertamina, Gogoro, dan Gesits untuk melanjutkan pengembangan ekosistem kendaraan listrik. Dalam hal ini, perusahaan-perusahaan tersebut akan memperluas uji coba komersial kendaraan listrik roda dua yang akan terus dikembangkan secara bertahap hingga ribuan unit di sepanjang tahun 2022.

Direktur Utama Electrum dan Wakil Direktur Utama PT TBS Energi Utama Pandu Sjahrir mengungkapkan, hasil uji coba tersebut nantinya akan dimanfaatkan sebagai landasan rencana bisnis Electrum. Sebab, pihaknya sudah memiliki rencana membangun manufaktur motor listrik, teknologi pengemasan baterai, infrastruktur penukaran baterai, dan pembiayaan untuk memiliki kendaraan listrik.

Menurutnya, kolaborasi ini sangat penting. Untuk membangun ekosistem kendaraan listrik ini, menurut Pandu, tidak bisa dilakukan sendiri tetapi dibutuhkan kolaborasi dari sejumlah pihak.

’’Inilah pentingnya kolaborasi karena untuk membangun ini tidak bisa sendiri, harus semua menjadi satu. Satu dari sisi manufaktur, yaitu pembangunan motor listriknya, juga pembangunan baterainya, dan juga salah satunya adalah hilirisasi,” kata Pandu, dalam keterangannya, Rabu (23/2).

Pandu mengungkapkan, dalam mempercepat adopsi kendaraan listrik dibutuhkan integrator, pengembang, dan katalis yang aktif membangun ekosistem kendaraan listrik. Pihaknya akan mengambil peran karena ekosistem kendaraan listrik di Indonesia belum terintegrasi dengan baik. ’’Tidak hanya mendorong penggunaan, kami di Electrum memastikan infrastruktur bisa tersedia dengan baik sehingga masyarakat tidak ragu memanfaatkannya,” sebutnya.

Pandu mengungkapkan, kolaborasi ini sangat penting. Apalagi untuk membangun ekosistem kendaraan listrik ini dibutuh waktu yang cukup lama.  ’’Dari sisi kami, ini bukan hanya satu atau dua tahun. Tapi ini membutuhkan satu dekade untuk mengubah ini semua. Kita memang punya sumber daya yang besar tapi sekarang kita juga menggunakan teknologi untuk mewujudkan ekosistem motor listrik, dan nanti mobil listrik,” imbuhnya.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads