alexametrics

Tim Honda Mulai Uji Mesin Andalan, Hadapi Musim Balap Formula One 2019

23 Februari 2019, 03:10:39 WIB

JawaPos.com – Menghadapi balap FIA Formula One World Championship 2019 yang akan berlangsung bersamaan dengan Australian Grand Prix di Melbourne pada 17 Maret, seluruh tim F1 memiliki waktu 8 hari melakukan pengujian mobil balapnya. Dimulai dari 18 – 21 Februari, serta 26 Februari – 1 Maret. Percobaan tersebut dilakukan di Sirkuit Catalunya yang berlokasi di kota Barcelona, Spanyol.

Tahun ini, untuk pertama kalinya Honda mendukung dua tim sekaligus yakni Red Bull Scuderia Toro Rosso dan Aston Martin Red Bull Racing. Dalam waktu yang singkat sejak berakhirnya musim balap tahun lalu, Honda telah bekerja keras merancang dan membangun mesin untuk mendukung kedua tim tersebut.

Red Bull Toro Rosso Honda

Tim Honda Mulai Uji Mesin Andalan, Hadapi Musim Balap Formula One 2019
Mobil balap RB15 yang akan digunakan oleh tim balap Aston Martin Red Bull Racing (Dok. Honda)

Tim Red Bull Toro Rosso Honda akan diperkuat oleh dua pembalap muda, yakni Daniil Kyvat dari Rusia dan Alexander Albon dari Thailand yang telah memenangkan kejuaraan F2 di posisi ketiga pada 2018 lalu.

Franz Tost selaku Team Principal dari Red Bull Toro Rosso Honda mengatakan, “Kepindahan kami ke Honda pada tahun lalu merupakan keputusan yang baik, dan kami berharap kerja sama ini dapat terjalin dalam waktu yang lama. Disini kami berlomba dengan waktu, dan hanya dalam satu tahun Honda mampu membuat kemajuan yang sekali lagi membuktikan komitmen mereka terhadap kerja sama ini. Dengan didukung sinergi yang bagus, pengetahuan teknis yang baik serta para pembalap muda berbakat, saya yakin kami memiliki posisi yang kuat dalam menghadapi kompetisi balap nanti.”

Aston Martin Red Bull Racing

Sementara itu, tim Aston Martin Red Bull Racing akan didukung oleh dua pembalap ternama yakni Max Verstappen dari Belanda yang sebelumnya menduduki posisi ke-4 dalam F1 2018, serta Pierre Gasly dari Perancis yang menduduki posisi ke-15 di ajang yang sama tahun lalu.

Christian Horner sebagai Team Principal dari Aston Martin Red Bull Racing mengatakan, “Penggantian mesin memiliki dampak yang signifikan terhadap tim, namun kami tetap antusias dan optimis. Bersama Honda, kami memiliki rekan dengan semangat yang sama dalam menghadapi berbagai tantangan di Formula One. Para desainer dan insinyur kami telah bekerja sama dengan Honda untuk memadukan sasis dan mesin, dan kedua belah pihak telah melakukan usaha terbaiknya di sepanjang musim dingin. Selama 12 bulan terakhir, kami melakukan kerja sama diantara Red Bull Technology, Honda dan Toro Rosso pada bagian drivetrain yang secara signifikan membantu proses integrasi”.

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : Wilfridus Zenobius Kolo



Close Ads
Tim Honda Mulai Uji Mesin Andalan, Hadapi Musim Balap Formula One 2019