Hindari! Kebiasaan Ini Turut Bikin Konsumsi BBM Jadi Terasa Boros

22 September 2022, 16:16:56 WIB

JawaPos.com – Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) saat ini sedang melambung tinggi. Baik yang subsidi atau non-subsidi, semuanya mahal dan bikin pusing masyarakat kelas bawah yang sehari-hari mesti menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor untuk mencari rezeki.

Tidak hanya mahal, belakangan muncul isu kalau BBM jenis Pertalite juga lebih boros. Hal ini sebelumnya sudah dibantah oleh pihak Pertamina yang menjelaskan bahwa tidak ada perubahan spesifikasi apapun pada BBM jenis Pertalite yang kemudian dikaitkan oleh masyarakat jadi terasa lebih boros.

Kendaraan terasa lebih boros sendiri bisa terjadi karena banyak faktor. Selain kondisi mesin yang kurang prima, gaya berkendara, faktor pengisian BBM dan bahkan dimana kita memarkirkan kendaraan juga bisa bikin bensin kendaraan kita lebih cepat habis.

Untuk yang terakhir, dilansir dari Express, kebiasaan meninggalkan mobil terparkir di bawah terik matahari dapat meningkatkan konsumsi bahan bakarnya secara signifikan. Sebaliknya, parkir di tempat teduh dapat memberikan efek hemat bahan bakar, karena pemilik mobil tidak perlu menyalakan AC secara instan atau tiba-tiba

Karl Dyson, pendiri laman Hypermiler menyarankan pengemudi bahwa mereka dapat menghemat banyak uang dengan parkir di tempat yang teduh. Banyak pengendara akan menyadari bahwa menggunakan AC untuk mendinginkan mobil dapat membuang banyak bahan bakar.

Menurutnya, menggunakan AC di mobil yang sangat panas dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar hingga 10 persen karena mesin harus bekerja lebih keras. Dyson menambahkan bahwa jika mengemudi di bawah 60 km per jam, lebih efisien untuk membuka jendela saja.

Namun, jika pengemudi melaju lebih cepat, baru kemudian mereka disarankan menyalakan AC. Saat mengemudi dengan kecepatan tinggi, membuka jendela dapat meningkatkan hambatan kendaraan, yang berarti akan lebih banyak bahan bakar yang digunakan untuk menggerakkan mobil ke depan.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini: