alexametrics

Otomotif Melaju Semester Dua

Kelas SUV Naik Daun
22 Juli 2019, 16:17:14 WIB

JawaPos.com – Pasar mobil SUV (sport utility vehicle) kian naik daun. Tingginya permintaan pada segmen itu menjadikan banyak agen pemegang merek (APM) terus mengembangkan spesifikasi mobil untuk meningkatkan penjualan. Regional Sales Manager Wuling Motors Zia Ul Rahman menyatakan, penjualan SUV Wuling menunjukkan tren positif, meski Almaz belum lama masuk di pasar Indonesia. Bahkan, Almaz merupakan backbone strategi untuk meningkatkan penjualan brand asal Tiongkok tersebut pada semester II 2019.

“Penjualan di Jawa Timur tertinggi didominasi Almaz, lalu Confero. Meski kontribusi ini berkebalikan dengan nasional. Secara nasional, kontribusi Confero 64 persen, sedangkan Almaz sebesar 14 persen,” ucapnya akhir pekan lalu.

Untuk itu, Wuling kini menambah fitur baru untuk meningkatkan nilai tambah pada Almaz. Wuling Indonesian Command (Wind) memiliki inovasi lengkap pada fiturnya karena dilengkapi sembilan item yang bisa dioperasikan melalui voice command. Selain itu, Wuling kini menawarkan SUV dengan 7-seater. Permintaan pasar yang tinggi menjadikan peluang bagi Wuling untuk menawarkan SUV dengan jumlah kursi yang lebih banyak.

SUV baru tersebut diluncurkan kali pertama di Surabaya setelah sebelumnya diperkenalkan di pergelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 di Jakarta. Sebab, potensi pasar Jawa Timur yang besar. Pada semester I 2019, penjualan Wuling di Jawa Timur tumbuh positif. Hingga semester I, Wuling tercatat telah menjual 1.000 unit mobil di Jawa Timur. Bahkan, meski hari kerja berkurang, penjualan Wuling di Jawa Timur terus bertambah.

Dari GIIAS, Isuzu MU-X juga laris. Varian baru yang pekan lalu diluncurkan di GIIAS 2019 pada hari pertama pembukaan sudah laku 70 unit. PT Bumi Jasa Utama (BJU) menjadi konsumen pertama Isuzu di pameran GIIAS 2019. Tak tanggung-tanggung, perusahaan rental itu memborong 70 unit. Seluruhnya akan disewakan PT BJU ke Perhutani untuk operasional mereka di sejumlah daerah di Jawa.

“Tahun ini kami menerapkan strategi baru, sambutannya mengejutkan,” ujar Marketing Division Head PT Astra International Tbk-Isuzu Sales Operation Andy Dwi Zatmoko akhir pekan lalu.

Penyerahan dilakukan Chief Executive Officer Astra Isuzu Rahmat Samulo yang didampingi Presiden Direktur PT IAMI Ernando Demily kepada Chief Operation Officer PT Bumi Jasa Utama Andi M. Gunawan. Pergelaran juga dihadiri Kadiv SDM dan Umum Perhutani Yulistyo Ananta S. yang akan menjadi pengguna 70 unit MU-X 4×4 I-series milik PT BJU.

Andy optimistis pada semester kedua tahun ini penjualan terus membaik. Pada semester pertama memang tidak begitu cerah karena banyak konsumen yang menunda pembelian karena khawatir dengan kondisi perekonomian nasional terkait dengan masa Pemilu 2019. Menurut dia, redanya suhu politik setelah pengumuman sidang Mahkamah Konstitusi (MK) dan pertemuan antara Jokowi-Prabowo telah membawa angin segar bagi industri otomotif nasional.

Tak mau ketinggalan, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) juga meluncurkan Jimny terbaru di ajang GIIAS 2019. Peluncuran mobil fenomenal yang lama dinantikan pencinta off-road 4×4 itu ibarat menjadi penyegar di tengah pasar otomotif semester pertama yang cenderung lesu.

“Jimny generasi keempat menghadirkan fitur-fitur modern, tapi tetap mewariskan keistimewaan sebagai mobil off-road,” ujar President Director PT SIS Seiji Itayama.

Editor : Edy Pramana

Reporter : ell/agf/c12/oki


Close Ads