alexametrics
GIIAS 2019

Mencoba Fitur Voice Command Mobil Wuling Almaz, Bisa Disuruh-suruh

22 Juli 2019, 20:53:11 WIB

JawaPos.com – Brand otomotif asal Tiongkok, Wuling, baru beberapa tahun hadir di Indonesia. Wuling baru dua tahun bertarung di industri otomotif roda empat di tanah air dan bersaing dengan vendor lainnya asal Jepang, Korea, Amerika, dan Eropa.

Wuling cukup agresif. Hal tersebut dibuktikan dengan intensitas perilisan mobil teranyar dari Wuling Confero, Cortez, dan yang terbaru Wuling Almaz dengan tawaran fitur yang menggoda konsumen di kelas dan harga yang digendongnya.

Untuk fitur ada yang menarik dari Wuling dalam strateginya berjuang merebut hati konsumen otomotif roda empat di tanah air. Fitur yang dimaksud adalah voice command atau perintah suara cerdas yang biasanya hanya hadir pada mobil-mobil mewah dengan rentang harga Rp 500 jutaan ke atas. Fitur tersebut hadir di Wuling Almaz terbaru.

Wuling Almaz sendiri hadir di Indonesia sekitar Februari lalu. Namun yang dirilis kala itu adalah varian Almaz 5-seater atau lima tempat duduk. Nah, untuk Wuling Almaz yang membawa fitur voice command adalah Wuling Almaz 7-seater yang baru dikenalkan awal Juli 2019 bertepatan dengan ulang tahun Wuling kedua di tanah air.

Fitur voice command Wuling Almaz (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Menariknya, Wuling Almaz dibekali oleh fitur voice command berbahasa Indonesia yang dinamai WIND, kependekan dari Wuling Indonesian Command. Wuling Almaz dengan fitur voice command kini mejeng di Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2019 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang.

Didorong rasa penasaran, JawaPos.com mencoba fitur tersebut di arena GIIAS 2019. Di sana, jajaran mobil Wuling lainnya juga dipamerkan dan membuat Wuling bersaing secara terbuka dengan brand-brand otomotif lain seperti Honda, Toyota, Daihatsu, Mitsubishi, Lexus, Volkswagen, Mazda, Audi, dan Mercedes-Benz di Area 1 ICE BSD.

Untuk Wuling Almaz dengan fitur voice command memang baru dikenalkan pada varian 7-seater. Namun, pihak Wuling memastikan bahwa fitur tersebut juga akan hadir di varian Wuling Almaz 5-seater yang sudah lebih dulu dikenalkan. Konsumen yang kadung membeli Wuling Almaz 5-seater juga dimungkinkan untuk melakukan upgrade fitur voice command secara gratis di bengkel resmi Wuling mulai Agustus nanti.

Fitur voice command pada Wuling Almaz memudahkan pengemudi dan penumpang dalam mengelola atau menjalankan fitur-fitur di kendaraan tanpa perlu lagi menggunakan tangan. Cukup dengan perintah suara dalam bahasa Indonesia dan mobil sudah bisa disuruh-suruh.

“Buka sunroof” dan sunroof pun terbuka (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Fitur voice command diprediksi bakal menjadi fitur wajib pada mobil masa depan. Alih-alih menyentuh tombol atau panel fungsi di mobil untuk melakukan sesuatu dan memakan waktu, hanya dengan perintah suara semua bisa dijalankan dengan sangat mudah.

Pada Wuling Almaz, fitur WIND berdasarkan pengalaman kami akan bekerja untuk berbagai keperluan seperti menelepon yang terkoneksi dengan smartphone, membuka dan menutup sunroof, membuka dan menutup jendela, memutar musik, mencari stasiun radio FM, dan sebagainya.

Fitur ini berdasarkan pengalaman kami memang membantu. Dengan awalan mengucapkan kata kunci seperti ‘Hallo Wuling’, ‘Buka Jendela’, ‘Turunkan Jendela’, ‘Buka Kaca’, ‘Tutup Kaca’, ‘Buka Sunroof’ dan ‘Tutup Sunroof’ bisa dilakukan dengan sangat mudah.

Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

Kendati sudah dibekali dengan fitur voice command berbahasa Indonesia, menggunakan fitur tersebut di Wuling Almaz tak bisa sembarang. Maksudnya adalah menggunakan bahasa yang tidak dimengerti sistem. Pengguna sebelumnya mesti tahu betul dengan membaca buku petunjuk tentang kosa kata perintah yang terdapat di Wuling Almaz.

Selain paham kosa kata perintah, penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar juga mutlak diperlukan. Dalam arti, pengucapannya harus jelas, baru kemudian sistem bisa menjalankan perintah.

Wuling Almaz untuk fitur voice command menurut kami sudah baik. Fitur atau sistem bisa mendeteksi hampir seluruh aksen atau cengkok bahasa penggunanya. Pastinya, tetap menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Voice command pada Wuling Almaz selain paham kosa kata perintah, penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar juga mutlak diperlukan (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Fitur bisa dijalankan oleh siapapun pengemudinya, baik itu laki-laki, perempuan bahkan anak-anak bisa melakukan perintah suara cerdas di Wuling Almaz. Seperti bisa dilihat pada gambar, tampak anak lelaki sedang menjajal fitur voice command di Wuling Almaz untuk membuka sunroof dan berhasil.

Apa yang dilakukan Wuling pada unit Almaz-nya tentu menarik. Fitur voice command WIND bisa mendeteksi bahasa dengan tepat dan akurat meski cengkok atau logat pengucapannya beragam. Respons dan akurasi pendengaran sistem juga cepat.

Sebagai contoh, fitur voice command yang selama ini banyak hadir di perangkat smartphone dan elektronik rumah tangga atau smarthome saja belum tentu bisa demikian. Kebanyakan fitur tersebut hadir dalam bahasa Inggris. Jika salah atau cengkoknya tidak tepat, sistem tidak akan mendeteksi sebagai perintah alias budek.

Saat ini, tercatat ada banyak vendor teknologi yang juga bergelut di bidang perintah suara. Beberapa di antaranya adalah Google Assistant, Microsoft, Amazon Alexa, Apple Siri, dan masih banyak lagi.

Harga dan Spesifikasi Wuling Almaz

Wuling Almaz mengaspal di Indonesia dengan dibekali mesin 4 silinder 1.500 cc bensin. Performanya juga ditunjang perangkat turbocharged. Mobil mampu menghasilkan tenaga maksimal 140 HP dan torsi 250 Nm. Mesinnya bersanding dengan transmisi CVT automatic serta pilihan mode berkendara eco, sport, dan 8-percepatan manual simulation. Wuling Almaz hadir juga dengan opsi transmisi manual 6-percepatan.

Selain mesin, sejumlah fitur modern juga tersemat pada mobil ini, sebut saja panoramic sunroof, start-stop button, keyless remote, keyless entry sampai dengan sound system racikan Infinity by Harman.

Jeroan mesin Wuling Almaz (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Untuk keselamatan berkendara tersedia Auto Vehide Holding (AVH), Traction Control System (TCS), Brake Assist (BA), Emergency Stop Signal (ESS), Electric Parking Brake (EPB), Hold Control (HHC) Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Stability Control (ESC), Tire Pressure Monitoring System (TPMS), dan Electronic Brake force Distribution (EBD).

Urusan kantong, Wuling Almaz dipasarkan di Indonesia mulai harga Rp 263 jutaan (on the road Jakarta). Bagaimana? Tertarik meminang Wuling Almaz besutan vendor Tiongkok dengan fitur canggihnya. Jajal sendiri di GIIAS 2019 yang akan berlangsung hingga Minggu (28/7) mendatang.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads