alexametrics

Komunitas Royal Enfield Peduli Pelestarian Terumbu Karang

22 April 2019, 15:02:14 WIB

JawaPos.com – Sikap peduli pada lingkungan bisa ditunjukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan merawat dan menjaga ekosistem pantai di sekitar kita agar tetap menghasilkan produk laut yang baik dan bermanfaat bagi masyarakat. Kesadaran ini yang ingin ditunjukan bikers Komunitas Royal Riders Indonesia (RORI) pada masyarakat.

Terkait dengan isu lingkungan ini, pengendara Royal Enfield dari berbagai daerah menggelar touring dengan tema “Eco Ride” pada Sabtu Minggu 20-21 April 2019. Aktivitas positif ini melibatkan sekitar 45 motor gede Royal Enfield dari berbagai wilayah berangkat mulai dari Jakarta-Bogor menuju ujung genteng, Sukabumi sekitar 7 jam perjalanan. perjalanan ini membawa misi pelestarian lingkungan.

President RORI, Donny Hendaris, memgungkapkan acara Eco Ride merupakan bentuk kepedulian para bikers RORI terhadap lingkungan. Para member RORI juga harus peduli dengan lingkungan dan menjadi pioner pelestari lingkungan agar bisa memgedukasi masyarakat untuk menjaga lingkungan dari hal kecil.

“Ujung genteng dijadikan tujuan untuk menanam terumbu karang. Hal ini dilakukan komunitasnya setelah berkonsultasi dengan pihak terkait, yakni komunitas peduli terumbu karang ujung genteng. “Ternyata isu lingkungan yang lagi urgent di ujung genteng adalah rusaknya terumbu karang akibat penangkapan ikan yang tidak ramah lingkungan,” jelas Donny, melalui keterangan rwsminya pada JawaPos.com, Senin (22/4).

Sementara itu, Muhammad Yusuf dari Komunitas Peduli Terumbu Karang, Ujung Genteng menyatakan, kerusakan terumbu karang di wilayahnya sudah memprihatinkan. Makanya ia mengajak semua pihak yang berkunjung ke ujung genteng untuk ikut peduli isu lingkungan yang ada di wilayahnya.

“Kami selalu mengampanyekan kepada para wisatawan bukan hanya berlibur, tapi juga ikut aktif menjaga lingkungan. Ini untuk keberlangsungan ekosistem laut di sini,” jelas Yusuf.

Mereka berharap dengan aktivitas positif yang semakin digalakan dapat memberikan virus positif bagi masyarakat agar semakin sadar akan pentingnya lingkungan yang dapat mendukung kehidupan yang lebih baik dan seimbang bagi semua pihak.

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : Wilfridus Zenobius Kolo



Close Ads