alexametrics

Resmikan Ekosistem Kendaraan Listrik, Ini Pesan Presiden Jokowi

22 Februari 2022, 18:07:23 WIB

JawaPos.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi meluncurkan ekosistem kendaraan listrik di SPBU Pertamina, MT Haryono, Jakarta Selatan, Selasa (22/2). Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menekankan beberapa pesan untuk industri kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) di dalam negeri agar bisa bersaing di kancah global.

“Perlu saya sampaikan bahwa pemerintah sangat serius untuk masuk kepada energi baru terbarukan. Termasuk di dalamnya adalah menuju kepada kendaraan listrik,” ujar Jokowi saat meresmikan ekosistem kendaraan listrik yang disaksikan secara daring pada Selasa (22/2).

Melalui kesempatan yang dihadiri oleh beberapa mitra BUMN dan swasta itu, Jokowi juga mengapresiasi keberanian perusahaan-perusahaan di dalam negeri yang ambil bagian dalam ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air. Menurutnya, untuk bisa unggul dalam era elektrifikasi ini, perlu keseriusan dari hulu sampai hilir untuk memulai membangun ekosistem kendaraan listrik.

Dirinya melanjutkan, hal ini sejalan dengan target Indonesia di 2020 untuk emisi karbon berada di angka 29 persen dan kemudian pada tahun 2060 Indonesia diharapkan akan masuk ke emisi nol atau net zero carbon. “Oleh sebab itu dengan didukung oleh ekosistem kendaraan listrik dari hulu sampai hilir kita harapkan negara kita Indonesia nanti betul-betul mampu merajai menjadi produsen dari kendaraan listrik,” tegas Jokowi.

Dia juga menargetkan kalau di tahun 2025, sebanyak dua juta kendaraan listrik bisa digunakan oleh masyarakat dan selanjutnya baru akan menuju ke pasar-pasar ekspor.

“Sekali lagi saya sangat menghargai upaya ini dan kita harapkan nanti pabrik baterai listriknya segera bisa selesai dalam jumlah berkapasitas besar. Kemudian kendaraannya yang di sini sudah ada, Gesits, juga akan ditingkatkan lagi kapasitas produksinya,” ucapnya.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads