alexametrics

Tak Hanya Cruiser, Harley Davidson Bakal Kembali Keluarkan Model Sport

21 Oktober 2019, 20:01:52 WIB

JawaPos.com – Harley Davidson sejauh ini dikenal dengan produk motor gede (moge) dengan model cruiser dan bagger saja. Tak banyak yang sadar bahwa produsen sepeda motor asal Amerika Serikat (AS) itu dulunya juga beberapa kali pernah mengeluarkan moge model sport.

VR1000 pernah hadir sebagai sport bike Harley Davidson pada era 1990-an. Moge Harley Davidson itu juga sempat populer di era balap jadul dengan kesan bodi dan fairing membulat.

Seperti dilansir JawaPos.com dari RideApart, Senin (21/10), soal tren moge Harley Davidson ke depan, tampaknya akan kembali menghadirkan model sport. Hal tersebut terkuak melalui sebuah pengajuan paten yang menunjukkan bahwa Harley Davidson kemungkinan mengeluarkan sepeda motor sport lagi. Motor sport Harley Davidson ke depan tampaknya juga akan terinspirasi oleh desain VR1000 dengan fairing dan bodi bulat menggelembung yang kental gaya balap retro era 1980 hingga 1990-an.

Sedikit menoreh ke belakang, pada awal 1986, Harley mulai bermain-main dengan ide memproduksi sepeda motor untuk masuk dalam seri AMA Superbike. Saat itulah ide awal tentang motor sport VR1000 muncul.

Butuh hampir satu dekade bagi Harley untuk mematangkan gagasan dan akhirnya memulai produksi massal. Sebelumnya hanya 50 unit VR1000 yang diproduksi dengan setengahnya hadir untuk konsumen dan sisanya untuk keperluan balap.

Sport bike Harley Davidson era 1990-an Harley VR1000 (MecumAuctions)

Sayangnya, perusahaan butuh waktu terlalu lama untuk melaksanakan dan menyelesaikan proyek tersebut. Pada saat VR1000 diluncurkan pada 1994, para pesaing sudah berada di depan.

Perusahaan dan tim pabrik tidak pernah benar-benar berhasil menebus waktu yang hilang dan terus-menerus terganggu oleh masalah yang tidak pernah berakhir dan berujung nasib buruk. Harley akhirnya menghentikan pendanaan untuk program motor sport pada 2001.

Hanya saja, dengan harapan menyegarkan citranya, Harley Davidson merilis timeline lima tahun ke depan yang mencakup pengenalan sejumlah model anyar untuk kembali menghidupkan pasar. Daftar tersebut termasuk Pan America ADV dan Streetfighter. Tapi, itu bukan satu-satunya sepeda motor yang akan diluncurkan Harley. Ya, Harley juga akan kembali memproduksi sport bike.

Seiring dengan mock-up tanah liat sport bike, dengan penerbitan paten Harley Davidson baru yang menggambarkan desain bubble fairing baru (menggunakan lampu utama yang mirip dengan Pan America). Hal tersebut diyakini sebagai langkah berani Harley Davidson untuk kembali membuat sport bike.

Sport bike Harley Davidson kabarnya akan masuk ke dalam kategori model Streetfighter. Model tersebut kemudian diberikan sentuhan fairing bergaya balap dan aksen sport bike lainnya. Dengan Pan America akan dirilis pada 2020 diikuti oleh Streetfighter, belum jelas kapan model sport akan dirilis. Diharapkan kurang dari lima tahun sudah resmi dirilis.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads