alexametrics

Jelang Tokyo Motor Show 2019, Mazda Keluarkan Teaser Mobil Listriknya

21 Oktober 2019, 22:11:20 WIB

JawaPos.com – Belum lama ini beredar kabar bahwa Mazda, ditengah gempuran dan tren mobil listrik, memilih tetap mengembangkan mesin diesel. Hal ini rupanya tidak sepenuhnya benar karena Mazda rupanya sudah siap meluncurkan mobil listrik buatannya.

Jelang acara pameran akbar Tokyo Motor Show ke-46, Mazda memamerkan teaser mobil listriknya. Mobil listrik ini rencananya akan mejeng di gelaran yang akan dibuka untuk umum pada Kamis (24/10) waktu setempat hingga 4 November mendatang.

Mazda juga telah merilis gambar kendaraan listrik baterai barunya yang akan diluncurkan akhir bulan ini di Tokyo Motor Show. Gambar dan detail spesifikasinya masih disamarkan, namun banyak yang berharap mobil listrik ini berjenis SUV.

Pihak Mazda mengatakan bahwa Electric Vehicle (EV)-nya itu akan menggunakan iterasi terbaru dari bahasa desain ‘Kodo’ khas Mazda seperti yang digunakan oleh Mazda 3.

Dengan demikian, diharapkan kendaraan listrik Mazda itu akan menampilkan desain grill dan headlamp yang serupa dengan model hatchback Mazda 3. Mazda juga telah mengonfirmasi bahwa EV barunya akan menampilkan kabin seperti coupe dan konsep pintu yang unik.

Mazda memiliki sejarah menerapkan desain pintu yang tidak konvensional pada model produksinya yang canggih. RX-8 bertenaga rotary (yang dibangun antara 2003 dan 2010) menampilkan sepasang pintu belakang terbalik sementara mobil Autozam AZ-1 kei yang unik dari pertengahan 1990-an dilengkapi dengan pintu gull-wing.

Powertrain mobil listrik kemungkinan akan mirip dengan prototipe mobil listrik Mazda sebelumnya yang disebut e-TPV. Mobil tersebut mengemas baterai 35,5 kWh yang menggendong satu motor listrik. Sistem listrik bagal itu memiliki output maksimum 138 bhp dan torsi 265 Nm, yang dikirim ke roda depan melalui transmisi kecepatan tunggal.

Jika EV produksi menampilkan paket baterai dengan ukuran yang sama dengan mobil konsep sebelumnya, ia akan memiliki kisaran jarak tempuh antara 193 km sampai 241 km dengan sekali pengisian daya.

Angka segitu jauh lebih kecil dari pesaing utamanya di masa depan, Hyundai Kona Electric, yang dapat menempuh jarak hingga 449 Km dengan menggunakan daya tunggal. Namun, Mazda mengatakan bahwa hingga 95 persen dari target pasarnya berkendara kurang dari 96 Km per hari.

Seperti halnya prototipe, Mazda EV yang siap produksi akan menawarkan dukungan untuk pengisian rumahan 6.6kW dan 50kW pengisian cepat yang tersedia secara komersial. Untuk pengemudi yang membutuhkan jangkauan tambahan, Mazda mengatakan sedang mengembangkan versi range-extender bertenaga bensin putar yang akan menggandakan jangkauan mengemudi keseluruhan walaupun produksinya belum dapat dikonfirmasi.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads