alexametrics

Menjajal Daihatsu New Sirion Melintasi Jalan Penuh Tanjakan di Sulut

21 Juni 2022, 22:53:53 WIB

JawaPos.com – Daihatsu New Sirion menjadi salah satu mobil yang tengah menjadi buah bibir setelah diluncurkan pada 2 Juni 2022. Pasalnya, sejumlah fitur baru disematkan ke city car model hatchback ini. New Sirion hadir dengan desain bumper, headlamp stylish, serta black outer mirror yang baru, sehingga tampil dengan nuansa advance energetic.

New Sirion juga dilengkapi dengan desain meter cluster Multi Information Disoy (MID) modern dengan beragam opsi pilihan menu yang informatif. Selain itu disematkan head unit yang dapat terkoneksi langsung dengan smartphone sehingga dapat memaksimalkan keseruan dalam berkendara.

Dalam hal kenyamanan, New Sirion kini juga dilengkapi dengan air purifier agar kenyamanan berkendara jadi lebih maksimal karena sirkulasi udara yang lebih bersih dan lebih sehat di dalam kabin mobil. Selain itu, disematkan pula Speed Sensing Door Lock yang akan mengunci pintu kendaraan secara otomatis ketika melewati kecepatan tertentu.

New Sirion juga dilengkapi dengan beragam fitur yang membuat berkendara makin menyenangkan atau fun to drive. Mobil ini kini dilengkapi dengan transmisi D-CVT yang dapat meningkatkan akselerasi berkendara lebih responsif. Soal transmisi, ini yang ditunggu. Perubahan transmisi dari AT konvensional menjadi D-CVT dikatakan memberikan dampak besar.

Melewati jalan menanjak, berkelok, dan menurun. (Edy Pramana/JawaPos.com)

Executive Coordinator Head of Product I Department PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Dendy Triyanto, menjelaskan bahwa transmisi CVT lebih sesuai dengan kebutuhan. “Transmisi CVT lebih irit jika dibandingkan AT. Saat di putaran tinggi, dengan transmisi CVT, kerja mesinnya tidak terlalu berat,” jelas Dendy, Selasa (21/6).

Daihatsu mengajak jurnalis untuk merasakan langsung New Sirion dengan transmisi CVT-nya. Test drive bagi jurnalis digelar pada 21-23 Juni 2022 di Sulawesi Utara dan JawaPos.com berkesempatan merasakan langsung New Sirion. Begitu mendarat di Bandara Internasional Sam Ratulangi pada Selasa (21/6), langsung mengendarai New Sirion menuju kawasan Tomohon.

Jalanan yang dilewati memiliki kontur yang berbeda-beda. Saat masih berada di area kota Manado, jalanan lurus tersaji. Namun, ketika memasuki Tomohon, mulai banyak melewati jalan penuh tanjakan dan berkelok. Destinasi pertama merupakan Danau Linow yang terletak di dataran tinggi. Kemudian dilanjut ke Rumah Panggung Woloan.

Jajaran Daihatsu New Sirion (Edy Pramana/JawaPos.com)

Selama perjalanan hari pertama sejauh kurang lebih 80 km, selain trek lurus juga didominasi jalan menanjak dan berkelok-kelok. New Sirion terasa tangguh saat melahap tanjakan. Selain itu, tetap lincah dan responsif. Pijakan gas juga enak dan terbilang enteng. Suspensi terbilang nyaman meski agak sedikit kaku. Hanya saja, secara umum performa New Sirion cukup tangguh saat melibas tanjakan dan tangkas ketika diajak berlari di trek lurus.

Selain itu, berkat fitur HSA (Hill Start Assist), perjalanan di tanjakan ketika padat kendaraan terasa lebih nyaman dan aman. Pasalnya, fitur ini dapat mencegah mobil bergerak mundur saat berada di tanjakan selama beberapa detik. Hal ini memberikan kesempatan pengemudi memindahkan posisi kaki dari pedal rem ke pedal gas ketika siap bermanuver lagi.

Fitur Idle Stop System juga sangat efektif. Fitur ini berfungsi mematikan kinerja mesin sementara secara otomatis ketika kendaraan dalam kondisi berhenti saat direm. Ini agar lebih hemat konsumsi bahan bakar. Fitur ini juga dapat diaktifkan ataupun dinonaktifkan oleh pelanggan sesuai kebutuhan.

Editor : Edy Pramana

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads