alexametrics

Sebelum Beli Simak Fitur Menarik Peugeot 3008 dan 5008

21 Februari 2020, 23:41:28 WIB

JawaPos.com – Merek Peugeot kembali mencoba peruntungan di segmen SUV dengan mengandalkan varian 3008 dan 5008. Keduanya pastinya memiliki kelebihan masing-masing yang dibutuhkan oleh konsumen.

Sebagai informasi Peugeout 3008 merupakan SUV 5-penumpang, sementara 5008 adalah SUV 7-penumpang ala Eropa yang mempunyai bodi lebih besar karena mengakomodasi ruang untuk baris ketiga. Merek Peugeout yang sempat vakum ini bukan merek baru di Indonesia.

Dengan mengandalkan Peugeot varian 3008 dan 5008 mencoba bangkit membangun kepercayaan produk agar kembali dilirik konsumen. Ya, dua mobil ini dibekali dengan beberapa fitur menarik di kelasnya yang mencoba bertarung dengan pesaing yang lebih dulu ada di Indonesia.

Simak 5 fakta menarik yang ada pada Peugeot 3008 dan 5008

Fitur Line Keeping Assist

Fitur ini mempunyai fungsi menginformasikan pengemudi bila mobil yang dikemudikan hampir keluar jalur marka jalan. Ditandai kode di panel insrumen dengan pemberitahuan memakai bunyi.

Fitur line keeping assist di Peugeot 3008 dan 5008 bekerja secara aktif mengontrol laju kendaraan selama melaju. Secara otomatis akan mengoreksi arah setir apabila mobil tiba-tiba melenceng dari arah marka jalan.

Pengemudi bisa merasakan fitur ini aktif karena setir akan menahan atau ‘melawan’ bila Anda mengarahkan mobil ke arah marka jalan. Selain itu, sistem juga melakukan pengereman secara otomatis bila diperlukan, untuk mengembalikan mobil ke jalurnya.

Fitur ini juga mencegah pengemudi yang sering berpindah jalur seenaknya tanpa menyalakan lampu sein. Fitur line keeping assist ini akan non aktif saat kita menyalakan lampu sein baik untuk pindah jalur atau memberi tanda untuk berbelok.

Sistem Navigasi Aktif

Fitur ini juga tersedia pada 3008 maupun 5008 Allure Plus. GPS pada kedua model ini tersedia pada layar head unit dan akan mengarahkan kita ke lokasi yang dituju. Anda bisa memasukkan alamat lokasi dengan cara mengetik langsung di layar head unit dan sistem langsung mencarinya secara otomatis. Khusus pada Peugeot 5008 Allure Plus, arah GPS juga bisa langsung terintegrasi dengan instrument cluster di hadapan pengemudi.

Fitur Blindspot Monitoring Assist

Blindspot Monitoring Assist akan memberikan sinyal pada instrument cluster maupun layar head unit bila terdapat objek baik kendaraan atau benda yang berada di sisi blind spot. Fitur ini sangat membantu saat parkir sehingga bisa memperkirakan jarak aman di tiap sudut mobil.

Anda bisa mengetahui bila ada motor yang akan menyalip dengan posisi tak terlihat. Akan tetapi saat macet tentu sedikit menjengkelkan karena alarm akan sering berbunyi bila ada motor yang terlalu dekan dengan sensor fitur. Bila tak mau menggunakan di saat macet fitur ini bisa dimatikan lewatlayar head unit.

Artificial Sound Engine

Ini yang cukup menarik, yaitu fitur artificial sound engine mampu menghasilkan efek raungan suara saat melakukan deselerasi. Padahal, raungan mesin yang sesungguhnya cukup halus dan tidak segahar yang dihasilkan efek artificial tadi.

Fitur ini pertama kali hadir pada Peugeot RCZ supaya lebih menghasilkan efek raungan di mobil sport tersebut. Dengan adanya artificial sound engine ini terutama di mode sport membuat emosi pengemudi semakin larut dengan atmosfer berkendara yang agresif. Efek raungan mesin ini bisa kita nonaktifkan.

Bebas Overheat

Seperti diketahui, mobil merek Eropa pada umumnya dirancang untuk kondisi iklim bersalju. Bukan rahasia bila sebelum-sebelumnya mobil yang mereka buat dan dijual di Indonesia seringkali mengalami overheat. Kondisi panas berlebih pada mesin menjadi penyakit bawaan yang sering dijumpai pada mobil Peugeot lama.

Padahal, merek asal Sochaux, Prancis ini dikenal piawai menciptakan mobil yang nyaman dengan desain menarik. Masalah overheat inilah yang membuat konsumen berpikir ulang ketika akan membeli mobil Peugeot.

Namun dengan kehadiran 3008 dan 5008 tipe GT Line, stigma mobil Peugeot yang sering overheat sirna meskipun diproduksi di Prancis. Pasalnya pihak prisipel melakukan riset untuk 3008 dan 5008 dimulai dari 2015 dan keduanya launching di 2018 di kawasan Asia Tenggara.

Editor : Eko Putra



Close Ads