Hyundai i20 Terbaru Resmi Diungkap, Begini Tampangnya

21 Februari 2020, 04:23:56 WIB

JawaPos.com – Hyundai resmi mengungkap hatchback terbarunya yakni Hyundai i20. Kendaraan tersebut nantinya akan mejeng di Geneva Motor Show pada awal hingga pertengahan Maret mendatang.

Model generasi ketiga itu selanjutnya siap untuk mengaspal di Eropa. Mobil tersebut memiliki desain baru, teknologi tambahan, dan berbagai sistem keselamatan pengemudi yang menurut Hyundai adalah yang paling komprehensif di kelasnya.

Dari sisi desain, Hyundai i20 saat ini hadir dengan gril lebar dan elemen garis-garis di fasia depan. Beltline i20 yang tinggi masih lazim dalam profil, terhubung dengan jendela seperempat baru di pilar-C.

Pada bagian belakang, i20 mendapatkan lampu LED lebar yang menghubungkan lampu belakang baru yang dipasang pada desain palka baru yang terlihat lebih bersih dibandingkan dengan model sebelumnya. Fasia belakang juga terlihat sedikit lebih bersih dengan tidak terdapat banyak lekukan.

Ilustrasi: Tampang Hyundai i20. (Motor1)

Dari sisi proporsi, i20 anyar masih sangat tampak sebagai hatchback kecil. Atapnya sedikit lebih rendah, tetapi mobil itu kira-kira satu inci (30 milimeter) lebih lebar dari model sebelumnya dan lebih panjang lagi 5 mm ketimbang model terdahulu.

Untuk teknologi terdapat peningkatan. Sebagaimana dilansir dari Motor1, Rabu (20/2) Hyundai menawarkan instrument cluster digital 10,25 inci yang menggabungkan dengan layar sentuh tengah 10,25 inci lainnya untuk pengalaman digital yang benar.

Fitur-fitur seperti pengisian daya ponsel nirkabel, nirkabel Apple CarPlay dan Android Auto, dan sistem suara Bose delapan speaker adalah di antara opsi-opsi mewah tersebut. Hyundai juga menawarkan semua jenis i20 dengan futur Bluelink Connected Car Services.

Revolusi teknologi i20 berlanjut dengan paket keselamatan SmartSense Hyundai. Sistem yang tersedia meliputi Cruise control cerdas berbasis navigasi yang dapat memantau lokasi kendaraan dan secara otomatis menyesuaikan kecepatan.

Ilustrasi: Tampang Hyundai i20. (Motor1)

Fitur Lane-keep assist dan lane-departure warning hadir pada mobil ini. Selanjutnya ada juga pemantauan blind-spot dan peringatan lalu lintas dan sistem peringatan tabrakan depan yang dapat mendeteksi pejalan kaki semua tersedia di mobil baru ini.

Di bawah kap mesin, i20 mendapatkan edisi standar 1.2 liter empat silinder yang menghasilkan 83 tenaga kuda (62 kilowatt) yang terhubung ke transmisi manual lima kecepatan. Ada juga model lain dengan mesin 1.0-liter GDi turbo tiga silinder yang menghasilkan 99 hp (74 kW) atau 118 hp (88 kW) dan dapat dimiliki dengan powertrain 48-volt ringan-hybrid.

Tugas transmisi ditangani oleh gearbox kopling ganda tujuh percepatan atau manual cerdas enam percepatan baru yang akan memutus transmisi dari engine saat throttle diangkat.

Hyundai belum membanderol harga pada i20 baru. Tetapi seperti sudah disinggung di atas, mobil akan membuat debut publiknya di 2020 Geneva Motor Show 2020.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads