alexametrics

Tekan Global Warming, Nujek Ajak Ojol Kurangi Emisi Karbon dengan CRM

21 Januari 2020, 22:06:38 WIB

JawaPos.comStart-up asal Surabaya, Nusantara Ojek (Nujek), menggandeng investor Korea Selatan (Korsel) untuk mengembangkan teknologi motor listrik. Bersama Datam Group, perusahaan layanan ojek online (ojol) itu mendorong para driver mengurangi emisi karbon. Caranya dengan memasang carbon reduction mining (CRM) pada kendaraan.

Chief Executive Officer (CEO) Nujek Mochammad Gozali mengatakan, pada tahap awal, mesin CRM akan dipasang pada motor lebih dulu. Setidaknya ada 500 motor yang akan dipasangi alat tersebut. Motor-motor itu tersebar di Surabaya, Pasuruan, Banyumas, Cirebon, dan Gorontalo.

“Kami punya 18.000 mitra driver. Maret nanti dipasang di motor dulu. Untuk yang mobil belum,” kata Gozali setelah peresmian kerja sama dengan Datam Group, Senin (20/1). Pada tahap awal, Nujek akan memilih motor-motor yang usianya tua lebih dulu.

CEO Datam Group James Lee menegaskan bahwa solusi terbaik untuk menahan kenaikan emisi karbon adalah mengurangi penggunaan bahan bakar fosil. Juga, mengembangkan energi terbarukan.

Datam Group akan berinvestasi Rp 3 triliun untuk mengembangkan teknologi pengurang emisi karbon di Indonesia. Supaya bisa dipasangi CRM, ada beberapa bagian motor yang perlu dimodifikasi. Hal yang sama akan berlaku pada mobil.

Editor : Estu Suryowati


Close Ads