alexametrics

Robot Anjing Spot dari Hyundai Tarik Minat Pengunjung, Harga Fantastis

20 November 2021, 17:03:41 WIB

JawaPos.com – PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan robot pintar menyerupai hewan anjing di ajang Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2021. Kehadiran robot anjing bernama Spot tersebut untuk menarik minat para pengunjung selama perhelatan GIIAS.

Salah satu Operator Spot HMID, Rulif Sean, mengatakan, itu robot pertama yang diproduksi hasil kolaborasi Hyundai dan Boston Dynamics yang kini jadi anak perusahaannya. Tujuan kehadiran robot tersebut untuk menunjukkan citra Hyundai sebagai produsen yang selalu berinovasi mengikuti perkembangan teknologi.

“Untuk menarik perhatian pengunjung supaya ke booth Hyundai. Harganya miliaran rupiah. Sekitar Rp 3 miliar,” ujar Rulif kepada JawaPos.com, Sabtu (20/11).

Robot Spot tampilannya mirip seperti anjing. Robot tersebut juga memiliki kemampuan gerak yang sangat fleksibel seperti berjalan, naik tangga, dan berinteraksi layaknya seperti anjing sungguhan.

Robot tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk membawa barang atau kargo ataupun sesuai kebutuhan pemiliknya seperti membawa obat atau kontruksi penting setiap perusahaan.

Bahkan, robot Spot juga dapat mendeteksi lingkungan sekitarnya dengan menggunakan kamera yang diletakkan di empat sisi depan, kanan, dan kiri bagian bodi. Robot Spot dioperasikan menggunakan remote yang bisa diperintah sesuai kebutuhan dan keinginan si pemilik.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini:


Alur Cerita Berita

Lihat Semua

Close Ads