alexametrics

GIIAS 2021 jadi Ajang Pamer Mobil Listrik, Apa Saja?

20 November 2021, 16:04:04 WIB

JawaPos.com – Mobil listrik dari berbagai brand dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. Kehadiran mobil listrik selain memberi warna baru dalam industri otomotif juga menjadi program pemerintah menuju ekosistem ekonomi hijau.

Wuling Motors menampilkan mobil listrik dengan harga ekonomis yaitu Baojun E300 Small Electric Vehicle (GSEV). Namun, mobil tersebut baru akan mulai dipasarkan pada 2022 mendatang dengan harga dibawah Rp 100 juta. Mobil ini bukan hanya dijual di tanah air namun produksinya juga akan dilakukan di Indonesia.

Selanjutnya, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) menampilkan dua kendaraan listriknya di GIIAS 2021 yakni Nissan Leaf dan Nissan Kicks dengan teknologi e-Power. Nissan Leaf sebenarnya sudah hadir sejak Juli lalu dan dibanderol Rp 600 jutaan, sementara Nissan Kicks model small SUV dihargai Rp 479 juta.

Sementara itu, Hyundai menampilkan Kona Electric dan Ioniq Electric. Hyundai Kona dibanderol dengan harga Rp 697 juta on the road (OTR) yang mengusung model cross over. Sedangkan Hyundai Ioniq yang bermodel sedan bertenaga full listrik dibanderol dengan harga Rp 624 juta-Rp 664 juta OTR.

Hyundai Kona Electric di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

Kemudian, Toyota menghadirkan mobil mungil exhibition dengan memperkenalkan crossover CH-R berpenggerak hybrid di Jakarta pada 2019 lalu. Kendaraan masa depan ini dilengkapi teknologi CASE (Connected, Autonomous, Shared, dan Electric). Mobil ini dibanderol dengan harga Rp 523 juta OTR Jakarta.

Lalu, Mitsubishi memperkenalkan varian Outlander Plug In Hybrid Electric Vehicle (PHEV). Sebagai mobil hybrid dengan teknologi PHEV ini praktis digunakan dan membuat konsumsi bahan bakar yang irit. Mitsubishi menjual mobil tersebut mulai dari Rp 890 juta-Rp 1,28 miliar OTR.

Sedangkan Brand Inggris Morris Garage (MG) memperkenalkan produk station wagon listrik pertamanya MG 5 EV. Mobil ini diklaim mampu menjelajah 380 kilometer dalam kondisi daya baterai penuh. Namun sayangnya, MG Motor Indonesia masih merahasiakan harga mobil listriknya.

Kemudian, Lexus menghadirkan LF-30 Electrified Concept sebagai gambaran tentang teknologi mobil di masa mendatang. Selain itu, Lexus juga memboyong dua kendaraan elektrifikasi lainnya, yakni New Lexus ES Hybrid dan Lexus UX 300e.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini:


Alur Cerita Berita

Lihat Semua

Close Ads