alexametrics
GIIAS 2019

Jajaran Mobil SUV di GIIAS 2019, Pikat Konsumen dengan Teknologi Baru

20 Juli 2019, 07:19:38 WIB

JawaPos.com – Ajang GIIAS 2019 yang berlangsung di ICE BSD, Tangerang Selatan, Banten, pada 18-28 Juli 2019, menjadi ajang bagi setiap pabrikan untuk memikat konsumen. Setiap pabrikan memajang dan merilis mobil-mobil terbaru, baik itu tipe SUV maupun MPV.

Tipe SUV memang secara penjualan di Indonesia masih kalah dari tipe MPV. Hal tersebut dikarenakan masyarakat di Indonesia memang lebih senang dengan mobil-mobil yang identik dengan mobil keluarga. Pelbagai faktor memengaruhinya. Hal tersebut seperti dikatakan oleh Hana Maharani, Head of Communications PT Nissan Motor Indonesia.

“Di market Eropa, SUV banyak yang menggunakan. Begitu juga di Amerika. Tapi, di Indonesia yang paling banyak digunakan adaah MPV. Brand akan menyesuaikan keinginan konsumen di negara bersangkutan,” sebut Hana saat ditemui JawaPos.com di arena GIIAS 2019.

Kendati begitu, bukan berarti SUV tak ada pasar di Indonesia. Bagi konsumen yang menyukai kendaraan tipe sport yang tampangnya gahar dan suka tantangan, tentu akan tertarik dengan besutan-besutan terbaru dari pabrikan otomotif.

Tak heran, sejumlah pabrikan otomotif yang berpartisipasi di GIIAS 2019 memamerkan SUV terbaru. Baik itu yang premium maupun biasa. Tak tanggung-tanggung, mereka menyematkan teknologi canggih di SUV terbaru mereka.

Salah satu SUV yang cukup menyita perhatian di GIIAS 2019 adalah keluara Audi yakni Q8. SUV premium itu berharga Rp 2,4 miliar. PT Garuda Mataram Motor, agen pemegang merek (APM) Audi di Indonesia telah secara resmi meluncurkan SUV unggulannya, Audi Q8 di GIIAS 2019. Produk terbaru Audi itu diklaim melengkapi jajaran produk-produk premium terbaik pabrikan asal Ingolstadt, Jerman yang sebelumnya sudah dipasarkan di tanah air.

COO PT Garuda Mataram Motor Jonas Chendana menyampaikan, Audi Q8 mengombinasikan keleluasaan dan keergonomisan sebuah SUV dengan garis desain yang elegan dari sebuah SUV coupe. “Dijejali berbagai
kelengkapan, sistem konektivitas yang canggih dan ketangguhan di medan off-road, mobil ini menjadi rekan yang tepat untuk berlibur maupun berbisnis sekalipun,” ujarnya di booth Audi di GIIAS 2019.

Audi Q8 menjadi pelengkap jajaran produk full-size Audi, dengan panjang 4,99 meter, lebar 2,00 meter dan tinggi 1,71 meter. Audi Q8 hadir dengan jarak sumbu roda yang hampir mencapai 3 meter, hal ini menyuguhkan keleluasaan di dalam kabin yang menjadi keunggulannya, bahkan jika dibandingkan kompetitor di kelasnya.

Desain eksterior Audi Q8 menampilkan wajah baru dari keluarga SUV Q milik Audi. Sosok singleframe grill berbentuk oktagonal di bagian depan kini tampil dengan bingkai lebih tegas, menunjukkan kesan yang mewah sekaligus mempertegas nilai sporty yang diusungnya. Garis atap turun melandai ke bagian belakang khas sebuah coupe dan berakhir di pilar-D tampak tampil kokoh untuk menegaskan kemampuan hebatnya sebagai sebuah SUV.

Di dalam kabin Q8 menyuguhkan desain interior yang bersih dan sederhana menjadi konsep interior premium terbaru khas Audi. Tampilan panel berwarna hitam bahkan hampir tampak seperti sebuah permukaan yang gelap saat mobil dimatikan. Bagi Audi, interior Q8 yang bersih dan sederhana menjadi pengganti tampilan rumit untuk menggambarkan kecanggihan teknologi.

Dari sektor dapur pacu, Audi Q8 hadir dengan mesin 3,0 liter dan dapat menghasilkan tenaga 340 horse power dan torsi puncak hingga 500 Nm. Audi Q8 melenggang dengan dibekali transmisi otomatis 3 Speed Tiptronic, SUV ini diklaim dapat berakselerasi 0-100 km per jam dalam 5,9 detik sebelum mencapai kecepatan puncak 250 km.

Selain Audi, di gelaran GIIAS 2019 juga dimanfaatkan oleh vendor lain untuk memajang SUV andalan terbaru. Yang menarik justru dihadirkan oleh duo vendor Tiongkok yakni Wuling dan DFSK.

Wuling dan DFSK di Indonesia memang terbilang baru. Meski begitu, agresivitas keduanya cukup terasa dengan intens membesut mobil baru disertai dengan beragam teknologi canggih di dalamnya, namun harganya tetap terjangkau.

SUV DFSK Glory i-Auto terbaru (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Teknologi yang dimaksud adalah teknologi voice command atau perintah suara cerdas yang kerap hadir di segmen mobil mewah berbanderol Rp 500 jutaan ke atas. Untuk Wuling, tercatat mereka memiliki mobil SUV dengan fitur cerdas seperti voice command di jajaran mobil tipe Almaz. Sementara untuk DFSK, brand tersebut baru menelurkan SUV Glory i-Auto dengan fitur voice command bernama i-Talk pada pembukaan GIIAS 2019, Kamis (18/7) lalu.

Sedikit bicara soal voice command, fitur tersebut sudah sering kami sampaikan dan disebut sebagai fitur mobil masa depan. Dengan fitur tersebut, pengguna mobil dimungkinkan untuk melakukan kontrol penuh kendaraan, fungsi entertainment dan fungsi lainnya hanya dengan menyebut perintah yang diinginkan.

Di Wuling, fitur voice command hadir dengan nama Wuling Indonesian Command (Wind). Seperti namanya, perintah terhadap mobil bisa dilakukan dengan bahasa Indonesia. Untuk dapat merasakan fitur canggih tersebut, Wuling melego mobil Almaz dengan harga mulai Rp 260 jutaan.

SUV Mitsubishi Eclipse Cross terbaru (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Selain Wuling dan DFSK, pantauan JawaPos.com di arena GIIAS 2019 sejumlah vendor lain hadir Dengan SUV andalannya masing-masing. Beberapa vendor dimaksud adalah Honda dengan CRV, Toyota dengan Rush dan Fortuner TRD yang di-upgrade, Daihatsu dengan Terios, Mitsubishi ada Pajero, Outlander PHEV, dan Eclipse Cross. Kemudian Mazda dengan CX-5 dan CX-9, Lexus dengan jajaran UX 200 F Sport, NX 300 RF Sport, RX 300, 300 F Sport, dan LX 570 Sport.

Sedangkan Renault hadir dengan Duster, Triber dan Koleos; Hyundai dengan Kona terbaru, Santafe dan Grand Santafe; Nissan dengan X-Trail dan All New Terra; DFSK dengan Glory i-Auto, Glory 560, Glory 580 dan memamerkan SUV E3 konsep; BMW dengan jajaran X Seriesnya, serta Jeep dengan Compass-nya

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads