alexametrics

Mercedes Recall Varian SUV Sebanyak 993.407 Unit Diberbagai Negara

20 Juni 2022, 22:29:54 WIB

JawaPos.com – Pabrikan mobil asal Jerman merek Mercedes Benz mengambil langkah untuk menarik beberada varian produknya yang ada dipasaran atau biasa disebut recall. Unit yang akan dilakukan recall sebanyak 993.407 mobil yang sudah tersebar diberbagai negara.

Alasan dilakukan recall karena disinyalir berpotensi mengalami masalah pada sistem pengereman. Dilansir dari The Guardian disebutkan bahwa Otoritas Transportasi Federal Jerman (KBA) menyebut mobil yang ditarik terdiri dari SUV Mercedes-Benz ML, Mercedes-Benz GL, serta minivan Mercedes-Benz R-Class.

Dalam pengumuman KBA tertulis “Mobil yang masuk dalam daftar penarikan tersebut merupakan model yang diproduksi pada tahun 2004 hingga tahun 2015”. Sayangnya tidak disebutakan secara detail kapan penarikan akan dilakukan, namun pabrikan mobil asal Jerman itu menyatakan secepatnya.

Di negara Jerman mobil yang akan di tarik hanya 70.000 unit, sisanya di berbagai negara, baik di Eropa, Amerika, Asia, dan lainnya.

Pihak KBA menyebutkan “Karat pada booster rem dalam kasus terburuk dapat menyebabkan hubungan antara pedal rem dengan sistem pengereman terputus. Akibatnya, rem tidak berfungsi.”

Sementara pihak Mercy sependapat dengan peryataan KBA kalau langkah penarikan model-model itu dilakukan dari hasil analisa terhadap kendaraan tertentu yang telah diisolasi.

Terkait hal ini pihak Mercedes menjelaskan kalau korosi pada booster rem itu merupakan kasus yang sangat jarang terjadi. Akan tetapi hal tersebut saat ini telah menjadi kenyataan. Akibatnya, mungkin manuver pengereman yang sangat kuat dapat menyebabkan koneksi antara pedal rem dan sisitem rem akan gagal berfungsi.

Sebagai informasi, tipe yang akan terkenal recall juga di jual di Indonesia. Ini terlihat dari data yang dilansir dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Mercedes-Benz di Indonesia memasarkan sejumlah SUV GL, yaitu Mercedes-Benz GLA, GLB, GLC, GLE, dan GLS.

Akan tetapi sejak 2013, Mercedes-Benz GLA sudah dirakit di pabrik milik Mercedes-Benz Indonesia di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat. Belum ada keterangan resmi dari pihak Mercedez Indonesia apakah ada di antara unit-unit yang akan di-recall.

Editor : Dony Lesmana Eko Putra

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads