alexametrics

Garap Transportasi Massal, Volvo Luncurkan Dua Bus untuk Indonesia

20 Maret 2019, 18:38:06 WIB

JawaPos.com – Tingginya kebutuhan angkutan massal di Indonesia membuat para produsen bus terus meluncurkan produk unggulannya. Terbaru, produsen bus asal Swedia meluncurkan Volvo B11R dan Volvo B8R untuk pasar Indonesia.

Senior Wakil Presiden Volvo Bus, Akash Passey mengakui pasar Indonesia yang besar membutuhkan bus banyak bus untuk memdukung transportasinya.

“Ini memberi peluang signifikan bagi operator dan produsen bus untuk mendukung kemajuan transportasi darat melalui bus yang berkualitas tinggi, aman, dan ramah lingkungan,” kata Akash di pameran Busworld South East Asia Exhibition 2019 Jakarta, Rabu (20/3).

Bus sasis Volvo B11R dan Volvo B8R telah membuktikan kinerjanya dengan berbagai permintaan pelanggan di beberapa negara. Kedua varian terbaru Volvo ini telah memenuhi persyaratan pasar bus di Indonesia yang mulai mengarah pada kebutuhan bus yang tangguh, berkapasitas besar dan ramah lingkungan.

Sejak 2018, lebih dari seratus bus Volvo B11R beroperasi sebagai bagian dari sistem BRT Busway TransJakarta. Konfigurasi ini, dikenal secara lokal sebagai “maxibus” yang dengan nyaman dapat menampung hingga 90 penumpang dan sangat populer di kalangan pengguna.

“Volvo memiliki pengalaman luas dalam sistem Bus Rapid Transport (BRT), sejak memelopori konsep ini lebih dari 40 tahun yang lalu di Curitiba, Brasil. BRT adalah solusi angkutan massal yang terbukti efektif dan berkapasitas tinggi,” beber Akash.

Volvo Bus menampilkan dua versi dari sasis Volvo B11R mereka di Busworld yakni Ultra-High Coach dan Double Decker Coach, untuk memenuhi berbagai kebutuhan transportasi jarak jauh dan antar kota.

Hadir dengan mesin 11 liter serta mesin 430 hp, Volvo B11R mampu memberikan kinerja terbaik dan kepuasan pengemudi. Disandingkan dengan transmisi terkemuka Volvo Bus yakni Shift AMT 12-speed, yang dioptimalkan untuk coach touring.

Sementara, Volvo B8RLE low-entry diklaim ideal untuk kota-kota yang berkembang, Volvo BBRLE cocok untuk rute berkapasitas penumpang tinggi yang membutuhkan aktivitas keluar masuk yang cepat.

Sejak 1980-an, PT Indotruck Utama (ITU), anak perusahaan Grup Indomobil, telah menjadi distributor tunggal untuk Bus Volvo di Indonesia. Dengan jaringan layanan nasional yang luas, ITU berupaya untuk menyediakan layanan kelas dunia untuk menjaga operator tetap beroperasi setiap saat.

Keterangan Foto : 

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Wilfridus Zenobius Kolo



Close Ads
Garap Transportasi Massal, Volvo Luncurkan Dua Bus untuk Indonesia