alexametrics

Ini Penyebab Penolakan Klaim Asuransi Mobil Rusak Akibat Banjir

19 Desember 2019, 10:42:34 WIB

JawaPos.com – Musim hujan datang dan genangan air biasanya akan muncul dimana-mana tak jarang juga banjir melanda beberapa tempat. Hal ini banyak terjadi di kota-kota besar, apalagi drainasenya yang buruk. Bagi pemilik kendaraan khususnya mobil harus waspada. Sudahkah mobil Anda diasuransikan?

Banyak orang yang kurang paham meskipun sudah mengasuransikan mobilnya tapi saat melakukan klaim karena mobil terendam banjir, akan mendapat penolakan. Yang sering terjadi para pemegang polis asuransi kurang faham atau lupa, kalau mobil mereka belum diberikan perluasan jaminan (extended cover).

Seperti bencana banjir atau angin puting beliung, terorisme atau lainnya. Jadi ketika mereka akan mengajukan klaim bisa saja ditolak, ini sering kali terjadi.

“Karena dalam ketentuan polis mereka tidak ada perlindungan ketika terjadi banjir, ya otomatis di tolak dong,” ujar SVP Communication, Event & Service Management Asuransi Astra kepada JawaPos.com, Kamis (19/12).

Iwan menambahkan para pemilik mobil yang sudah mengasuransikan mobilnya dianjurkan untuk memeriksa kembali jenis perlindungannya. Bagi pemilik mobil yang sudah atau baru akan mengasuransikan mobilnya, ada baiknya tahu beberapa hal-hal penting mengenai asuransi.

Iwan menuturkan, pemilik mobil yang akan membeli asuransi atau sudah memiliki asuransi namun ingin melakukan perluasan jaminan, cek kembali atau tentukan dahulu jenis perluasan jaminan. Apa yang akan di-cover asuransi pada mobil, apakah comprehensive atau total loss only.

Jangan lupa perhatikan perluasan jaminan apa saja yang dijamin oleh pihak asuransi. Apakah sudah termasuk kerugian akibat banjir, tsunami, angin topan, tanah longsor, kerugian akibat huru-hara, tanggung jawab hukum pihak ke-3 atau kerugian yang lain.

“Apakah asuransi akan meng-coverkerugian-kerugian tersebut? Perluasan jaminan ini bisa diminta dan tanyakan kepada petugas asuransi saat membeli polis,” tambah Iwan.

Sebaiknya para pemilik mobil memahami bentuk perlindungan dari asuransi mobil mereka. Serta juga mengerti tentang apa saja yang menjadi kewajiban dan manfaat yang akan mereka dapatkan. Bila hal di atas sudah dilakukan Anda tidak perlu khawatir lagi ketika menghadapi kondisi darurat seperti banjir yang dapat tiba kapan saja.

Editor : Dony Lesmana Eko Putra

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads