alexametrics

Demi Keluarga, Raja dari Afrika Borong 19 Rolls-Royce dan 120 BMW

19 November 2019, 21:30:15 WIB

JawaPos.com – Bagi sebagian orang, mampu membeli mobil mewah adalah hal yang wajar. Selain karena butuh kenyamanan lebih yang ditawarkan mobil mewah, bisa juga digunakan sebagai penanda status sosial si empunya. Namun, apa jadinya jika ada yang memborong puluhan bahkan ratusan mobil mewah sekaligus. Seperti yang dilakukan seorang raja dari Afrika. Raja Swaziland, Mswati III, memborong 19 unit mobil mewah Rolls-Royce dan 120 mobil BMW.

Sebagaimana dilansir JawaPos.com dari Carscoops, Selasa (19/11), Raja Swaziland yang kedapatan membeli banyak mobil mewah itu dikabarkan untuk memfasilitasi keluarga dan istri-istrinya. Ya, diketahui Raja Mswati III memiliki 15 istri dan 23 anak.

Sayangnya, sang raja yang memborong mobil mewah itu bukan sebagai prestasi. Masalahnya, daerah yang dia pimpin masuk kedalam wilayah termiskin di Afrika, ditambah catatan buruk jumlah penderita HIV-AIDS tertinggi di dunia.

Sekretaris Jenderal Pudemo (Persatuan Demokrasi Rakyat) Wandile Dludlu, mengonfirmasi laporan bahwa sang raja melakukan pemborosan. Pudemo sendiri merupakan partai oposisi.

“Minggu lalu (awal November), total 19 mobil Rolls-Royce dikirim ke Swaziland untuk penggunaan eksklusif raja, ibu, dan istrinya,” komentar Dludlu.

Raja Swaziland, Mswati III, bersama permaisuri (EconomicTimes)

Dirinya mengatakan, apa yang dilakukan sang Raja adalah bentuk kesombongan. “Ini adalah tampilan yang jelas dari kesombongan. Pengabaian total perasaan masyarakat miskin Swaziland oleh raja dan kondisi masyarakat akan diremehkan,” tambahnya.

Di antara armada kendaraan sedan Rolls-Royce, ada juga Cullinan. SUV mewah itu sepenuhnya disesuaikan dan akan digunakan oleh raja sendiri.

Selain tampilan memukau mobil-mobil buatan Goodwood, Raja Mswati III diduga telah memesan 120 BMW. Sumber-sumber lokal yang berbeda menyatakan banyak sedan biru dan putih dengan seri 540 dan SUV X3 dikirimkan ke negara yang diapit oleh Afrika Selatan dan Mozambik itu.

Sang Raja yang membeli mobil 120 BMW itu diketahui untuk keperluan pengawalan. Semua mobil itu akan dipakai untuk mengawal perjalanan sang raja jika pergi ke suatu wilayah dan layanan ekslusif untuk ke-23 anak-anaknya.

Penguasa Swaziland itu tampaknya juga pengagum berat kendaraan Jerman, karena ia tampaknya memiliki 20 Mercedes-Maybach S600 Pullman, Maybach 62, dan BMW X6.

Selain memiliki banyak mobil mewah, dirinya juga diketahui memiliki kekayaan mencapai USD 213 juta atau sekitar Rp 2,9 triliunan. Hal tersebut berbanding terbalik dengan kondisi rakyatnya yang hanya menghasilkan uang tak lebih dari USD 128 per bulan atau setara dengan Rp 1,8 juta.

Dilansir dari Daily Mail, karena kehidupan pribadinya terlalu dicampuri, Raja Swaziland itu memberi ‘jari tengah’ pada rakyatnya sendiri. Perilaku itu juga membuat warganya semakin geram dan banyak tentangan datang dari politisi di wilayah tersebut.

Belum diketahui apakah mobil-mobil tersebut dipesan langsung dari BMW Group, yang merupakan perusahaan induk Rolls-Royce, atau dibeli melalui perantara.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads